logo batamtoday
Kamis, 18 Oktober 2018
Cluster-Botania-Garden


Ternyata Ini Pemicu Munculnya Memar Tanpa Sebab di Tubuh
Sabtu, 07-07-2018 | 17:40 WIB | Penulis: Redaksi
 
Memar di tubuh.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saat kita mengamati tubuh, terkadang ada memar yang muncul tanpa kita ketahui penyebabnya.

Padahal kita merasa tak pernah terkena sesuatu dan tak merasa sakit sebelumnya. Beberapa hal ini bisa jadi alasan kenapa tubuh kita alami memar:

1. Latihan beban, mengangkat benda berat
Mengangkat beban ternyata bisa menjadi salah satu alasan dari memar yang muncul pada tubuh. Aktivitas fisik yang padat bisa menyebabkan kerusakan kapiler.

Anak-anak juga bisa mendapatkan memar seperti ini karena mengangkat tas sekolah mereka. Mungkin karena beban dari isi tas itu terlalu berat untuk mereka.

2. Minum obat
Obat-obatan ternyata bisa menyebabkan munculnya memar. Hal ini terjadi karena obat tertentu yang mempengaruhi darah.

Obat antidepresan, analgesik, obat anti-inflamasi, obat yang mengandung zat besi atau anti-asma bisa jadi salah satu alasannya.

Aspirin bisa jadi obat yang umum menyebabkan memar karena membuat darah lebih cair.

3. Penyakit darah
Penyakit darah dan pembuluh darah bisa menyebabkan memar. Varises, trombositopenia atau leukimia adalah masalah yang berhubungan dengan sirkulasi darah.

Segera konsultasikan ke dokter jika terjadi gejala yang lain seperti nyeri dan kaki bengkak, gusi berdarah, dan bercak kapiler kecil di tubuh atau mimisan.

4.Kurang nutrisi
Memar dalam tubuh bisa jadi bahwa kita kekurangan zat yang diperlukan. Vitamin B12 menjadi bagian dalam produksi darah, vitamin K bertanggung jawab untuk koagulasi dan vitamin C berperan penting dalam membuat jaringan baru.

Vitamin lain yang dibutuhkan adalah vitamin P, karena ia memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk kulit. Zat besi juga sangat dibutuhkan tubuh, kelebihan dan kekurangannya akan membuat kapiler memburuk.

5. Ketidakseimbangan hormon
Jika hormon estrogen kita rendah, kemungkinan besar memar ini akan terjadi. Hal ini sering terjadi pada mereka yang mengalami menopause, konsumsi obat hormonal atau saat hamil.

6. Berkaitan dengan usia
Usia membuat sistem vaskular menjadi lemah, dan kehilangan elastisitasnya. Biasanya memar ini berada di bagian kaki.

7. Diabetes
Diabetes berpengaruh negatif pada proses sirkulasi darah dan bisa meninggalkan memar. Memar juga bisa jadi gejala diabetes pada tahap awal.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit