logo batamtoday
Selasa, 13 November 2018
Banner PKP


BMKG Peringatkan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Perairan Kepri
Minggu, 14-01-2018 | 16:00 WIB | Penulis: Freddy Silalahi
 
Ilustrasi gelombang tinggi  

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pusat Meteorologi Maritim Badan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini angin kencang dan gelombang tinggi pada 14 Januari-15 Januari 2018 di wilayah Perairan Indonesia, termasuk di perairan Kepri. Bahkan pusaran angin kencang mengarah ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat peningkatan kecepatan angin di beberapa Wilayah Perairan Indonesia antara 28 km/jam hingga 46 km/jam. Terutama pusaran angin mengarah ke Anambas. Ini berpeluang di perairan Sabang, Barat Lampung, Selat Sunda, Selatan Jawa, Kepulauan Riau (Kepri), Bangka, Utara Jawa, Selatan Kalimantan, Makassar, Wakatobi, Banda Utara, Ambon, Sulawesi, dan Seram," ujar Pusat Meteorologi Maritim BMKG Kantor Pusat melalui rilisnya, Minggu (14/1/2018).

Dalam rilis tersebut juga menerangkan, bahwa peningkatan kecepatan angin 46 km/jam hingga 64 km/jam terjadi di Laut Cina Selatan, Perairan Natuna, Perairan Anambas, Laut Natuna Utara, Kalimantan Barat dan Selat Karimata.

"Dampak yang ditimbulkan peningkatan angin kencang ini yakni gelombang tinggi. Untuk Perairan Natuna dan Anambas dengan kecepatan angin antara 50 km/jam hingga 64 km/jam akan menimbulkan gelombang tinggi antara 4 hingga 6 meter,"urainya.

Pusat Meteorologi Maritim BMKG juga menghimbau masyarakat mengurangi aktifitas di laut dengan mempertimbangkan keselamatan pelayaran.

"Kami menghimbau masyarakat tetap waspada dan siaga terhadap kondisi cuaca tersebut. Kapal yang melintas dan kegiatan hulu minyak dan gas juga harus tetap siaga dan waspada,"pesannya.

Editor: Surya

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit