logo batamtoday
Sabtu, 18 Agustus 2018
Cluster-Botania-Garden


Tersedak Mochi Tahun Baru, Dua Orang Jepang Meninggal
Rabu, 03-01-2018 | 15:14 WIB | Penulis: Redaksi
 
Setidaknya dua orang meninggal dan 13 orang lainnya harus dilarikan ke rumah sakit karena tersedak saat makan mochi saat merayakan Tahun Baru. (Wikipedia Commons/Alice Wiegand)  

BATAMTODAY.COM, Jepang - Tahun Baru harusnya menjadi sebuah perayaan yang menyenangkan. Namun kenyataannya di Jepang, Tahun Baru justru jadi sebuah perayaan yang menyedihkan, setidaknya untuk dua keluarga.

Pasalnya, dua orang Jepang meninggal dunia saat Tahun Baru. Seorang pria berusia 50 tahun dari Ota Ward dan pria 80 tahun dari Edogawa Ward dilaporkan meninggal (terpisah) karena tersedak mochi.

Selain menyebabkan dua orang meninggal dunia, menurut Japan Today dikutip dari Daily Meal, mochi juga bertanggung jawab atas 13 orang yang harus dilarikan ke rumah sakit karena tersedak.

Kue mochi Jepang yang biasa diisi dengan es krim dianggap memiliki ukuran yang terlalu besar. Akibatnya banyak orang berpotensi tersedak saat menyantap kue kenyal ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menyantap mochi memang jadi salah satu makanan tradisional perayaan Tahun Baru di Jepang.

Namun menyadari kebiasaan tersebut, setiap tahunnya jelang Tahun Baru, Tokyo Fire Departement memberi peringatan kepada warga untuk selalu memotong mochinya dalam ukuran sekali makan. Mereka juga memberikan peringatan agar warganya mengunyah mochi perlahan-lahan saat menikmatinya.

Peringatan ini juga dikhususkan untuk orang yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Hanya saja kejadian tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi. Di Jepang bahkan ada juga iklan dalam laman daring yang menunjukkan bagaimana mengatasi masalah akibat 'serangan' mochi yang membuat Anda tersedak.

Sumber: Daily Meal
Editor: Udin

PKP
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit