logo batamtoday
Sabtu, 28 September 2024
BANK BRI


Warga Binaan Lapas Batam Panen Tanaman Pangan
Selasa, 08-09-2020 | 15:04 WIB | Penulis: Irwan HIrzal
 
Warga binaan saat panen hasil tanaman pangan. (Foto: Irwan)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam selain mendapatkan pembinaan bidang kepribadian penyuluhan agama, pondok pesantren, kepramukaan, dan pendidikan lainnya.

Selain itu, mereka juga mendapatkan pembinaan kemandirian berupa pelatihan keterampilan berkebun, pertanian, tata boga (Pembuatan Roti), Pembuatan tempe) dan laundry.

Sebagai buktinya, Selasa (8/9/2020), warga binaan Lapas Batam melakukan Panen Ketahanan Pangan berupa tanaman Terong, kunyit, cabai dan lain-lain. Hal itu, sebagai bentuk pembinaan bagi warga binaan Lapas Batam.

"Pelatihan keterampilan berkebun ini bisa menjadi modal mereka warga binaan di kemudian hari. Hari ini kita pangan yang bisa memenuhi kebutuhan Pasar dan Internal Lapas," ujar Kalapas Mishbahuddin.

Dalam keterampilan berkebun dilakukan langsung oleh warga binaan dalam melakukan penanaman berbagai pangan dikawasan Lapas Batam. Bahkan para pekerja (warga binaan) Lapas yang ditunjuk sudah melalui seleksi atau asessman yang ketat dilakukan oleh petugas atau seksi kegiatan kerja Tim Pengamat Pemasyarakatan.

"Tentunya kita melakukan pemilihan dari sekian warga binaan yang ada saat ini. Mereka diharapkan mendapatkan bekal yang baik dari dalam Lapas selama menjalani sisa pidananya dan tidak mengulangi lagi. Selanjutnya apabila bebas kelak akan dapat menerapkan ilmu yang didapat selama di Lapas di tengah-tengah kehidupan Masyarakat," papar Kalapas Batam mengakhiri.

Editor: Dardani

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit