logo batamtoday
Sabtu, 22 Juni 2024
JNE EXPRESS


Wako Rahma Resmikan Rumah Produksi IKM, Dilengkapi Peralatan Canggih
Selasa, 19-09-2023 | 16:36 WIB | Penulis: Devi Handiani
 
Rahma Resmikan Rumah Produksi IKM. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma, meresmikan Rumah Produksi untuk Industri Kecil Menengah (IKM). Peresmian secara simbolis dilaksanakan di Rumah Produksi Al Kautsar Snack, Kampung Sidaomulyo, Tanjungpinang Timur, Selasa (19/9/2023).

Peresmian ditandai pemotongan pita oleh Wali Kota Rahma didampingi Pejabat Fungsional Pembina Industri, Direktorat IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian Indra Akbar Dilana dan beberapa Kepala OPD, Camat dan Lurah di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Ada 20 IKM di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur menerima bantuan rumah produksi yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang IKM Kementerian Perdagangan.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan bantuan peralatan usaha mulai dari open listrik, kompor listrik hingga mesin pemotong keripik, kepada 197 pelaku IKM.

Wali Kota Rahma mengatakan, bantuan rumah produksi dan peralatan usaha diserahkan merupakan komitmen dirinya sebagai Wali kota untuk membangkitkan dan meningkatkan IKM maupun UKM.

"Tentunya ini semata-mata untuk kita sama-sama bangkit pasca pandemi Covid-19, mudah-mudahan alat-alat yang luar biasa ini berkah buat pelaku IKM maupun UKM," ujarnya.

Menurut Rahma, penerima bantuan ini telah memenuhi syarat dan kriteria diantaranya sudah memproduksi produk, memiliki karyawan, memiliki lahan dengan luas yang telah ditentukan yakni 8x6 meter, kemudian lahan tersebut bersertifikat atas nama pemilik IKM.

"Terpenting berkomitmen untuk menambah karyawannya dan tentunya sudah punya omset yang cukup besar," ujarnya.

Ia menyampaikan, ada 20 IKM yang mendapatkan bantuan rumah produksi
beserta dengan alatnya sebesar Rp330 Juta.

"Alat-alat rumah produksi modern dan canggih dan juga berkualitas terbaik. Salah satu alat open deck harganya mencapai Rp 11 juta," ucapnya.

Rahma berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi pelaku IKM, serta dapat terus berkembang dan omsetnya terus meningkat. Sementara itu, salah satu penerima bantuan Acep Suyatna mengaku sangat senang dan bahagia telah menerima bantuan rumah produksi yang dilengkapi dengan peralatan.

"Saya sangat senang dan bahagia, saya ucapkan terima kepada Pemko Tanjungpinang yang telah menyerahkan bantuan rumah produksi beserta peralatan kepada kami," ujarnya yang juga pemilik IKM Sohil Snack.

Ia menyampaikan, sebelum mendapatkan bantuan ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Tanjungpinang turun langsung melakukan pendataan terhadap IKM. Menurutnya, Disdagin melakukan pengecekan mulai dari lahan lokasi dibangun rumah produksi dan perizinan usahanya.

"Saya Alhamdulillah lengkap semua. Prosesnya sekitar tiga bulan kita langsung dapat kabar terima bantuan rumah produksi," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya rumah produksi ini usaha semakin maju dan berkembang. Serta ia berusaha meningkatkan jumlah produksi dan jumlah karyawannya. "Untuk jumlah produksi InsyaAllah akan kita tambah dan penambahan karyawan itu sudah menjadi komitmen kita sebelum menerima bantuan ini," imbuhnya.

Editor: Yudha

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit