logo batamtoday
Jum'at, 28 Januari 2022
PKP


HUT KKP ke-22, PSDKP Batam Tanam 400 Bibit Mangrove
Selasa, 26-10-2021 | 12:32 WIB | Penulis: Irwan Hirzal
 
PSDKP Batam melakukan penanaman 400 bibit pohon mangrove di pesisir Balai Perikanan Budidaya, Jembatan 3 Barelang, pada Selasa (26/10/2021) pagi. (Irwan/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam, menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Bertema 'Ekonomi Biru untuk Indonesia', PSDKP Batam melakukan penanaman 400 bibit pohon mangrove di pesisir Balai Perikanan Budidaya, Jembatan 3 Barelang, pada Selasa (26/10/2021) pagi.

Kegiatan penanaman dipimpin langsung oleh Sub Koordinator Operasional Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran PSDKP Batam, Muhamad Syamsu Rokhman dihadiri oleh Dinas Perikanan Kota Batam, Polair Polda Kepri, Danyon 10 Marinir, SKIP Batam, Balai Perikanan Budidaya Laut.

"Penanaman pohon mangrove kegiatan rutin yang kami adakan setiap tahunnya. Hari ini bersama intansi terkait kurang lebih 400 pohon magrove kami tanam dalam menjaga ekosistem laut," ujar Kepala PSDKP Batam, Salman Mokoginta, melalui Koordinator Operasional Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran PSDKP Batam, Muhamad Syamsu Rokhman.

Keberadaan hutan mangrove menjadi penghasil oksigen di wilayah perairan, terutama sebagai habitat hewan air. Syamsu berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat kelestarian hutan mangrove dan tidak merusak habitatnya.

Karena, pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Semua pihak perlu menyadari bahwa hutan bakau sangat berperan penting dan bermanfaat untuk ekologis, sebagai pelindung garis pantai dari abrasi dan peredam gelombang besar untuk mempertahankan atau menjaga ekosistem pantai.

"Penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan salah satu bentuk kepedulian KKP melalui PSDKP Batam terhadap lingkungan. KKP mencetuskan Ekonomi Biru, Laut Sehat, Indonesia Sejahtera. Ekonomi biru berfokus pada kegiatan ekonomi kelautan yang berkelanjutan," tegas Syamsu.

Tidak hanya melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove, dalam rangka hari ulang tahun KKP, sejumlah pegawai PSDKP Batam juga mengikuti donor darah yang di adakan oleh Balai Perikanan Budidaya Laut.

Editor: Yudha

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit