logo batamtoday
Selasa, 28 September 2021
PKP


Lanud Hang Nadim Batam Bersama Masyarakat Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Nongsa
Selasa, 03-08-2021 | 18:41 WIB | Penulis: Paskalis RH
 
Personil Lanud Hang Nadim Batam bersama masyarakat Kelurahan Sambau saat menanam bibit Mangrove di Pantai Terih, Nongsa, Selasa (3/8/2021). (Foto: Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk menjaga keseimbangan biota laut dan melestarikan pantai di Kota Batam, pangkalan TNI AU (Lanud) Hang Nadim Batam bersama masyarakat Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, melaksanakan kegiatan penanaman 5.000 bibit Mangrove di Pantai Terih, Selasa (3/7/2021).

Menurut Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan, ribuan bibit manggrove berasal dari kerjasama Lanud Hang Nadim dengan Manggala Agni.

"Semua bibit Mangrove ini kami dapatkan dari hasil kerjasama dengan Manggala Agni," kata Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan.

Penanaman bibit Mangrove bersama masyarakat Sambau, kata Iwan, bertujuan untuk kelestarian dan keindahan wisata pantai Terih di Kelurahan sambau.

Selain penanaman bibit Mangrove, kata Iwan, kegiatan ini adalah untuk menjalin silahturahmi dengan masyarakat Sambau sebagai wujud bakti Lanud Hang Nadim kepada masyarakat, sekaligus menjalankan rangkaiab peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-74.

Iwan menjelaskan, Lanud Hang Nadim memiliki beberapa program kerja tahunan, diantaranya penanaman bibit tanaman pucuk merah dan manggrove ini.

"Sejauh ini, kami sudah melaksanakan dua program kegiatan, yakni penanaman bibit tanaman pucuk merah dan manggrove," ujarnya.

Masih kata Iwan, program ini bukan untuk dinikmati saat ini, namun manfaatnya dapat dirasakan 10 atau 20 tahun kedepan. "Anak cucu kita yang akan merasakan manfaat dari program ini," tambahnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kelurahan Sambau sangat menyambut gembira program yang dilaksanakan Lanud Hang Nadim untuk masyarakat diwilayah pemerintahannya.

"Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Lanud Hang Nadim yang telah melaksanakan program penanaman 5.009 bibit pohon manggrove di Pantai Terih," katanya.

Manggrove bukan hanya bermanfaat untuk menahan ombak air laut, namun dapat dimanfaatkan sebagai budidaya biota laut seperti kepiting dan lain-lain, jelas Raja.

Selain dihadiri Komandan Lanud Hang Nadim dan para personil serta masyarakat, kegiatan penanama manggrove dihadiri juga beberapa pimpinan instansi seperti Kepala Balai Loka Rehabilitasi dr. Danu Cahyono, Manggala Agni, organisasi pelestarian alam Akar Bumi Indonesia.

Editor: Dardani

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit