logo batamtoday
Minggu, 21 April 2024
JNE EXPRESS


Mulai Hari Ini, Beli Solar Subsidi di Batam Wajib Pakai Fuel Card 3.0
Selasa, 21-02-2023 | 11:16 WIB | Penulis: Aldy
 
Kadisperindag Batam, Gustian Riau, saat melakukan pengawasan ke salah satu SPBU, Senin (20/2/2023). (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, resmi menerapkan penggunaan Fuel Card 3.0 dari Bank Bukopin untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi.

"Hari ini tidak berlaku lagi card warna kuning dari BRI (Brizzi). Kita gunakan fuel card," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau, saat ditemui, di Batam center (20/2/2023) sore.

Lanjut Gustian, penggunaan kartu Fuel Card 3.0 ini untuk mencegah adanya pelangsiran solar di setiap Sarana Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Dengan keunggulan yang dimiliki Fuel Card ini, seperti, chips dan hologram yang berbeda-beda, diharapkan Solar bersubsidi di Kota Batam akan tepat sasaran.

Dikatakannya, sejak Fuel Card 3.0 resmi diluncurkan, Disperindag Kota Batam telah melakukan perpanjangan pengurusan sebanyak 4 kali. Hingga saat ini sudah terdapat 6.080 kartu Fuel Card yang telah tersebar di Kota Batam.

Kartu tersebut dimiliki para pengguna bahan bakar Solar usai pengajuan di Disperindag Batam atau tempat pelayanan lainnya sejak beberapa waktu lalu. "Ada juga yang belum, itu kendaraan yang belum melengkapi persyaratan. Misalnya tidak ada mobilnya, tidak masukkan nomor rekening, hingga STNK-nya tidak ada," jelasnya.

Sementara itu, terdapat beberapa kategori pembatas pembelian Solar, tergantung jenis kendaraannya. Setiap pengendara roda empat pribadi maksimal dapat melakukan pengisian sebanyak 25 liter per hari, roda empat pengangkut barang 30 liter per hari, dan roda empat pengangkut orang 40 liter per hari.

Kemudian, 50 liter per hari untuk pengendara roda enam angkutan barang, serta 60 liter untuk kendaraan roda enam pengangkut orang.

Terpisah, GM Sam Retail Pertamina, Dambha Herviyanto, mengungkapkan setiap pengendara yang ingin membeli solar wajib membawa kartu tersebut. Menurutnya, cara kerja kartu tersebut hampir sama seperti kartu ATM yang harus menggunakan mesin tertentu.

"Fuel card ini harus dicolok, ada alatnya sendiri. Setiap SPBU sekarang sudah punya alatnya. Mulai hari ini sudah berlaku. Mungkin juga akan beriringan dengan penerapan My Pertamina nanti," kata Dambha Heriyanto.

Editor: Gokli

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit