logo batamtoday
Minggu, 05 Februari 2023
Pasang Iklan


Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia
Selasa, 24-01-2023 | 18:45 WIB | Penulis: Redaksi
 
Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) seusai diambil sumpahnya, Selasa (24/1/2023) (Foto: Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) seusai diambil sumpahnya, Selasa (24/1/2023). Dengan begini bisa membela Timnas Indonesia.

Pemain berdarah Belanda itu disahkan pindah kewarganegaraan Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Cawang, Jakarta.

Dalam kesempatan ini hadir juga Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang turut menyaksikan peristiwa bersejarah ini.

Pengesahan menjadi WNI Pattynama ini dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Ibnu Chuldun. Ia pun memberikan wejangan kepada bek sayap itu untuk menjaga amanah ini.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus ikhlas. Kiranya Tuhan menolong saya," kata Pattynama saat diambil sumpahnya.

Selain itu ia juga nampak lantang menyanyikan 'Indonesia Raya'. Pemain asal Liga Norwegia Viking FK tak mengalami kesulitan berarti dalam melantunkan lagu kebangsaan Indonesia itu.

Ayah Shayne merupakan pria kelahiran Semarang yang berasal dari Maluku Tengah. Darah Indonesia Shayne mengalir tentu didapat langsung dari sang ayah.

Artinya, Shayne merupakan pria keturunan Indonesia asli. Impiannya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia pun tak lepas dari harapan dan memorinya dengan sosok kepala keluarga itu.

"Saya sangat senang dan bangga menjadi orang Indonesia sekarang dan ayah saya akan melihat dari atas sana serta bahagia dan bangga," ujarnya.

Dengan begitu, Pattynama menjadi pemain naturalisasi ketiga di era kepelatihan Timnas Indonesia pimpinan Shin Tae-yong.

Sebelumnya sudah ada Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sudah lebih dulu menjadi WNI pada November 2022.

Bahkan Jordi Amat sudah memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Sementara Sandy Walsh terkendala masalah izin dengan klubnya, KV Mechelen, lantaran Liga Belgia berjalan beriringan dengan Piala AFF.

Adapun Pattynama berpeluang besar debut paling cepat Bulan Maret mendatang. Kebetulan akan ada jeda internasional pada bulan tersebut yang akan jatuh pada 20-28 Maret.

PSSI sebelumnya sudah mengindikasikan akan memanfaatkan jeda internasional tersebut. Pattynama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat kemungkinan besar akan disertakan Timnas Indonesia dalam kesempatan tersebut.

Eeditor: Surya

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit