logo batamtoday
Sabtu, 24 Februari 2024
Pasang Iklan


60 Anggota PPK se-Kota Batam untuk Pemilu Serentak 2024 Resmi Dilantik
Rabu, 04-01-2023 | 12:17 WIB | Penulis: Aldy
 
(ki-ka) Anggota KPU Kepri, Widiyono Agung Sulistiyo, Ketua KPU Batam, Martius, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Ketua DPRD Batam, Nuryanto, usai pelantikan 60 anggota PPK se-Kota Batam di Harris Hotel Batam Center, Rabu (4/1/2023). (Foto: Aldy)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam secara resmi melantik 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batam untuk Pemilu serentak 2024, Rabu (4/1/2023).

Pelantikan yang digelar di ballroom Harris Hotel Batam Center, dihadiri secara langsung Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto serta unsur Forkopimda. Ini juga sesuai amanat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2022 tentang Rekrutmen Badan Adhoc.

Ke-60 orang PPK ini merupakan petugas di 12 kecamatan yang ada di Kota Batam. Di mana setiap kecamatan terdiri dari 5 orang PPK untuk ditempatkan di PPK Batam Kota, Batuaji, Batuampar, Belakang Padang, Bengkong, Bulang, Galang, Lubukbaja, Nongsa, Sagulung, Sei Beduk dan Sekupang.

Pascadilantik sebagai anggota PPK, nantinya para petugas diwajibkan untuk melantik PPS di wilayahnya masing-masing, serta melakukan koordinasi dengan PPS terlantik dan kepala desa/lurah untuk menetapkan kembali sekretariat dan staf sekretariat PPS untuk Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Batam, Martius, menekankan kepada petugas PPK untuk menyiapkan rencana dan tugas-tugasnya guna menghadapi Pemilu 2024 dengan stakeholder. Begitu juga dengan beberapa tahapan-tahapan dalam Pemilu harus dilakukan.

"Mulai dari tahapan verifikasi partai politik, pemuktahiran data pemilih hingga perekrut badan adhoc di tingkat kecamatan dan kelurahan. Sehingga, dengan adanya koordinasi ini bisa menghasilkan Pemilu 2024 yang berkualitas," ujar Martius.

KPU Batam juga berharap, dengan adanya kerja sama lintas sektoral ini bisa menciptakan Pemilu sebagai sarana pemersatu dan bukan malah menjadi pemecah persatuan bangsa.

"Para petugas ini memiliki misi dan visi yang baik dalam menyebarkan persatuan dalam pelaksanaan kinerjanya, dan bukan malah menyebarkan konflik yang memecah belah persatuan. Untuk itu, kinerja cerdas, cermas dan berkualitas menjadi kuncinya," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Anggota KPU Kepri, Widiyono Agung Sulistiyo, yang hadir dalam pelantikan PPK se-Kota Batam itu. Dia meminta kepada petugas PPK yang dilantik untuk tetap menjaga integritas dengan menjaga rasa adil hingga jujur dalam bertindak dan berkerja.

"Mengingat, kini PPK sudah menjadi bagian dari KPU Batam. Sehingga pola kinerja yang lurus dan tegas menjadi jaminan menjaga Batam yang aman dan kondusif," tegasnya.

Sementara Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, apa yang disampaikan KPU Kepri dan Batam kiranya sebuah harapan yang memang menjadi impian bersama. Mengingat, dengan kinerja dan integritas yang berkualitas tentunya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi Kota Batam.

"Saya sangat mendukung semua pelaksanaan Pemilu yang jujur dan adil. Sehingga nantinya bisa menghasilkan calon-calon Kepala Daerah yang baik. Saya titipkan pesan, laksanakan tugas bapak dan ibu dengan sebaik-baiknya sehingga tidak membuat investasi kabur," kata Rudi.

Di sela-sela pelantikan petugas PPK ini, Ketua DPRD Batam, Nuryanto, berharap agar semua petugas menjaga profesionalismenya dalam menjalankan tugasnya. Sehingga bisa menghasilkan pelaksanaan Pemilu yang aman, nyaman dan lancar.

"Harapan saya dan harapan kita bersama, semoga pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan sukses tanpa adanya kendala berarti," ungkapnya.

Untuk mewujudkan harapan itu, Nuryanto berpesan agar PPK dalam bertugas selalu berpedoman pada peraturan dan perundangan yang ada. Mengingat, sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan, PPK harus memegang teguh prinsip kemandirian, kejujuran, keadilan, kepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien.

"Selain itu harus meningkatkan pemahaman terhadap tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai anggota PPK," sebut Nuryanto.

Mengingat, tanggung jawab dan tugas PPK tidaklah ringan. Tugas pokok dan fungsi PPK sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu, mulai tahap perencanaan sampai dengan evaluasi.

"Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya sangat menaruh harapan kepada saudara-saudara anggota PPK yang baru saja dilantik untuk segera melakukan koordinasi, baik secara vertikal maupun horizontal, agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik," harapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini pun meminta 4 hal kepada para petugas PPK. Pertama, PPK di masing-masing kecamatan jika menghadapi permasalahan krusial segera melakukan koordinasi dengan KPU Kota Batam.

Kedua, setiap langkah dan tindakan harus senantiasa berpedoman pada aturan hukum yang berlaku agar dapat dipertanggungjawabkan.

Ketiga, kepada seluruh perangkat daerah di Kota Batam, agar memberikan dukungan kepada KPU dan PPK dalam melaksanakan tugas yang cukup berat ini, sebab keberhasilan KPU juga merupakan keberhasilan pemerintah dan masyarakat.

"Keempat, netralitas anggota PPK harus tetap ditegakkan, mengingat seluruh masyarakat mengharapkan terselenggara Pemilu yang aman, nyaman, dan damai tanpa ada pihak-pihak yang merasa dirugikan," pungkas Cak Nur, sapaan akrabnya.

Editor: Gokli

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2023 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit