logo batamtoday
Selasa, 28 Juni 2022
Pasang Iklan


Proses Persidangan Masih Online, Begini Penjelasan Humas PN Batam
Kamis, 23-06-2022 | 15:40 WIB | Penulis: Pascal
 
Humas Pengadilan Negeri (PN) Batam, Edi Sameaputty (Foto: Pascal)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Batam, khususnya perkara pidana, hingga saat ini masih berlangsung secara online (video teleconference), walaupun kondisi pandemi Covid-19 sudah melandai.

Hal ini dibenarkan Humas Pengadilan Negeri (PN) Batam, Edi Sameaputty saat ditemui di Kantor PN Batam, Rabu (23/6/2022).

"Sebelum ada perintah dari atas, yakni Mahkama Agung (MA), maka sidang secara online tetap digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam. Saya kira ini tak menjadi penghalang dalam proses penegakan hukum," kata Edi.

Edi menjelaskan, persidangan di PN Batam bukan murni online karena proses persidangan perdata digelar secara offline. Artinya, sebut dia, masyarakat yang berperkara bisa datang langsung ke pengadilan untuk mengikuti proses persidangan.

Sebaliknya, terang Edi, untuk proses persidangan perkara pidana masih digelar secara online. Sebab, katanya, seluruh pengadilan masih mengikuti peraturan Mahkamah Agung (Perma).

"Perma-nya kan masih Online. Kemudian, proses persidangan kan ada sistem. Namanya sistem peradilan pidana. Dimana, dalam persidangan ada Pengadilan, Kejaksaan dan Rutan atau Lembaga Pemasyarakatan (LP)," terang Edi.

Apabila kita melaksanakan atau meminta pelaksanaan sidang secara Offline, sebut Edi, pihak Rutan yang akan kesulitan untuk mengeluarkan para tahanan.

Sebab, lanjut Edi, untuk mengeluarkan para tahanan, pihak Rutan atau LP harus mempertimbangan kondisi kesehatan dari para tahanan. Dimana, Pandemi Covid-19 belum benar-benar hilang sehingga statusnya belum menjadi Andemi.

"Apabila persidangan Pidana digelar secara Offline, kesulitannya ada di pihak Rutan atau LP lantaran pada saat mengeluarkan tahanan harus benar-benar mengikuti prosedur kesehatan yang ditetapkan Pemerintah," tegas Edi.

Editor: Surya

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit