logo batamtoday
Selasa, 19 Maret 2024
JNE EXPRESS


Makanan Halal Indonesia Ditargetkan Jadi Nomor 1 Dunia di 2023
Rabu, 25-05-2022 | 19:20 WIB | Penulis: Redaksi
 
Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin saat menghadiri Halal Industry Event dan diluncurkan State of The Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022 di Thamrin City, Jakarta, Selasa (24/5/2022). (Kemenag)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah menargetkan makanan dan minuman halal Indonesia akan menjadi nomor satu dunia di 2023. Pernyataan ini disampaikan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Aqil Irham saat menghadiri Halal Industry Event, di Thamrin City, Jakarta.

Dalam event yang juga dihadiri Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin ini, juga diluncurkan State of The Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022.

Dalam laporan yang dirilis oleh DinarStandard ini disebutkan, Indonesia menempati peringkat dua dunia untuk kategori makanan dan minuman halal (halal food and beverages), serta peringkat empat untuk pengembangan ekonomi syariah.

"Makanan dan minuman halal (halal food & beverages) Indonesia kita targetkan akan menjadi nomor satu dunia pada 2023. Sementara industri busana sopan (modest fashion) Indonesia akan menjadi nomor satu dunia pada 2024," ungkap Aqil, Selasa (24/5/2022), demikian dikutip laman Kemenag RI.

Hal ini, lanjut Aqil, sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, untuk menjadikan Indonesia sebagai hub global bagi industri makanan dan minuman halal di 2024. "Ini sekaligus telah dicanangkan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan Indonesia Maju," imbuhnya.

Untuk mendorong tercapainya hal tersebut, Aqil menyebutkan BPJPH  telah meluncurkan Program Sertifikasi Halal Gratis atau Program SEHATI bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK). "Kita targetkan, sampai akhir tahun ini ada 10 juta produk bersertifikat hlal yang akan dikeluarkan melalui program SEHATI," cetus Aqil.

Untuk memenuhi target tersebut, BPJPH telah melakukan self-declaration sertifikasi Halal, khususnya bagi UMK/UMK dengan skema pendampingan PPH (Proses Produk Halal); serta memperbanyak LPH (Badan Pemeriksaan Halal). Sejumlah pelatihan juga telah diadakan untuk pendampingan PPH, supervisor halal, auditor, asesor, dan rumah potong hewan (RPH).

Dalam kesempatan tersebut, Aqil yang juga mendampingi Wapres Ma'ruf Amin meresmikan Halal Center Indonesia mengapresiasi keterlibatan pengusaha ritel yang membuka peluang bagi para UMKM penyedia produk halal. "Kolaborasi dan kerjasama yang baik ini penting untuk diteruskan guna mendukung perkembangan masa depan Indonesia di pasar halal global," tandasnya.

Editor: Gokli

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit