logo batamtoday
Rabu, 23 Juni 2021
PKP


6 Jenis Pelayanan Restoran, Calon Pegiat F&B Wajib Tahu
Jumat, 11-06-2021 | 09:29 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi jenis pelayanan restoran. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Tertarik dan ingin berkarier di industri foof and beverage (F&B), seperti restoran dan banquet? Sebelum terjun menjadi pekerja profesional, pahami dulu keenam jenis pelayanan restoran berikut ini!

Industri makanan dan minuman memang selalu menarik untuk dibahas. Selain prospek dan eksistensinya yang terus berkembang, industri ini menawarkan aspek layanan yang dibutuhkan oleh banyak orang di dunia. Dalam upaya pelayanan terbaiknya, industri restoran juga menyediakan beragam jenis pelayanan restoran yang dapat memanjakan pengunjung atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

PKP

Penasaran? Yuk, simak enam tipe pelayanan restoran yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya:

1. Table Service
Table service merupakan jenis pelayanan restoran di mana tamu dipersilakan untuk duduk dan memesan hidangan ke pelayan. Kemudian, pelayan akan menyajikan hidangan tersebut di hadapan para tamu.

Saat melakukan table service, seorang pelayan harus fokus dan mampu mengingat pesanan dari setiap pengujung. Hal ini bertujuan agar hidangan yang disajikan di hadapan pengunjung sesuai dengan masing-masing pesanan yang diminta.

Layanan table service sendiri dapat dibedakan ke dalam empat kategori, yaitu:

American service: jenis pelayanan yang praktis dan cepat di mana makanan telah ditata langsung dari dapur dan pelayan hanya perlu mengantarkannya ke meja pengunjung.

French service: tipe pelayanan yang bersifat formal dan eksklusif di mana chef menyiapkan makanan secara langsung di hadapan para tamu.

English service: jenis layanan keluarga di mana pelayan mengantarkan makanan ke meja, kemudian tuan rumah akan berkontribusi untuk menyiapkan dan membagikan hidangan ke tamu lainnya.

Russian service: tipe layanan yang mirip dengan French service, namun bersifat lebih cepat dan murah. Hidangan telah dipersiapkan dari dapur, sehingga hanya diperlukan satu pelayan untuk menyajikannya.

2. Buffet/Self Service
Sering dikenal dengan istilah prasmanan, buffet atau self service merupakan jenis layanan yang sangat praktis dan cepat. Di sini, seluruh hidangan telah ditata dan diatur di atas meja hidang.

Para tamu diperbolehkan untuk memilih sendiri makanan sesuai selera dan porsi yang diinginkan. Karena itu, tipe layanan ini sangatlah cocok untuk digunakan pada berbagai acara, seperti banquet dan pernikahan.

3. Counter Service
Counter service atau yang juga dikenal dengan cafetaria service merupakan tipe layanan yang praktis, cepat, dan hemat energi. Di sini, tamu dapat memesan dan mengambil pesanan pada counter, kemudian membayarnya di bagian ujung counter. Dengan kepraktisan yang ditawarkannya, counter service menjadi layanan yang umum ditemukan pada restoran cepat saji.

4. Take Away Service
Take away atau carry out service merupakan sistem pelayanan untuk pesanan yang dibawa pulang. Jadi, tamu membeli makanan yang telah siap atau disiapkan terlebih dahulu, kemudian dibungkus dan mengonsumsinya di luar area restoran. Opsi take away ini biasanya terdapat pada hampir semua restoran cepat saji.

5. Room Service
Pernah dengar istilah room service sebelumnya? Jenis layanan ini biasanya tersedia di akomodasi penginapan yang memiliki restoran, seperti hotel, vila, maupun resor. Jenis layanan ini bertujuan untuk mengantarkan hidangan secara langsung ke kamar tamu.

Biasanya hidangan kecil disajikan pada nampan, sementara hidangan utama dibawa menggunakan sebuah troli. Cara pemesanannya pun cukup mudah. Tamu hanya perlu melakukan menghubungi room service order taker dan pelayan akan segera menyiapkan pesanan beserta tagihannya.

6. Gueridon Service
Gueridon merupakan teknik pelayanan di mana hidangan dimasak setengah jadi di area dapur dan dilanjutkan di hadapan para tamu menggunakan troli dan alat pemasak. Jenis pelayanan satu ini membutuhkan keterampilan khusus, seperti menggunakan teknik flambe atau aksi memasak untuk menghibur tamu.

Itu dia beberapa jenis pelayanan makanan dan minuman yang biasa ditawarkan pada industri restoran. Dengan pemahaman dan keterampilan pendukung, kamu dapat menjadi pekerja profesional yang sukses di bidangnya.

Tertarik dengan dunia Food & Beverage dan ingin berkarier di restoran profesional? Menempuh pendidikan tinggi di bidang pariwisata merupakan salah satu pilihan tepat yang dapat membentukmu menjadi SDM yang unggul dan kompeten.

Kamu bisa bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic (BTP). Kunjungi situs BTP http://www.btp.ac.id untuk informasi tentang pendaftaran, pendidikan politeknik pariwisata dan #FutureTourismStartsHere.

Editor: Yudha

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit