logo batamtoday
Rabu, 12 Agustus 2020
Pasang Iklan


Total Pasien Positif Covid-19 di Batam Jadi 213 Orang
Seorang TKA Asal China Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Batam
Rabu, 24-06-2020 | 18:39 WIB | Penulis: Paskalis RH
 
Update data Covid-19 Batam per 24 Juni 2020. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Muhammad Rudi, kembali mengumumkan seorang pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona alias Covid-19.

Wali Kota batam ini mengatakan, pasien yang terkonfirmasi positif tertular virus corona adalah salah seorang pria usia 37 tahun, merupakan tenaga kerja asing (TKA) asal China.

"TKA asal China ini terkonfirmasi Covid-19, berdasarkan hasil contact tracing dari kasus nomor 204 yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19," kata Rudi melalui keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Pasien ini, kata Rudi, merupakan TKA asal China di salah satu pabrik plastik di Kawasan Industri Kabil, yang merupakan teman satu negara dengan terkonfirmasi nomor 204.

Masih kata Rudi, kedua TKA sama-sama bekerja di satu perushaan serta tinggal di mess yang sama, namun berbeda kamar sejak awal bulan Februari 2020 lalu.

Rudi menjelaskan, sehubungan hasil tindaklanjut contact tracing yang dilakukan oleh tim surveilans terhadap kasus terkonfirmasi nomor 204, maka kepada yang bersangkutan bersama seluruh karyawan perusahaan mengikuti pemeriksaan RDT pada tanggal 20 Juni 2020 dengan hasil Non Reaktif.

"Namun mengingat yang bersangkutan adalah closes contact primer maka pada tanggal 22 Juni 2020 dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi Positif," tambahnya.

Walau sudah dinyatakan positif, lanjutnya, kondisi yang bersangkutan sejauh ini masih dalam kondisi stabil serta dalam persiapan perawatan isolasi atau karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Dengan adanya penambahan ini, sebutnya, masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada maupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor. "Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19 di Kota Batam," pungkasnya.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit