logo batamtoday
Jum'at, 29 Maret 2024
JNE EXPRESS


Proyek Palapa Ring Jadikan Indonesia 'Merdeka' Sinyal
Selasa, 30-04-2019 | 10:16 WIB | Penulis: Redaksi
 
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Kominfo)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah terus berupaya mengikis kesenjangan akses telekomunikasi di Indonesia. Infrastruktur telekomunikasi yang dapat dinikmati seluruh masyarakat menjadi perhatian serius pemerintah untuk mewujudkan keadilan yang sama.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, akses internet 4G akan dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia secara merata beberapa tahun yang akan datang.

Saat ini, akses internet berkecepatan tinggi yang menggunakan 4G, hanya bisa dinikmati sebagian masyarakat di kota-kota besar seperti di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya.

"Kita yang tinggal di Jakarta, kita yang ada di gedung ini menikmati semacam kemewahan dari digital, kita bisa menggunakan 4G di sini, kecepatan rata-rata sekitar 7 megabite per second," kata Menteri Rudiantara dalam Talkshow 'Akses Internet Tingkatkan Kreatifitas Bangsa' di Atrium Mall Kasablanka, Jakarta, Sabtu (27/04/2019), mengutip siaran pers Kominfo.

Menurut Menteri Kominfo, tidak semua daerah dan kepulauan di Indonesia seperti Jakarta dengan segala akses fasilitas yang tersedia. Sebab, masih banyak perbedaan yang harus menjadi fokus pemerintah untuk menyatukan pemerataan pembangunan.

Di bidang infrastruktur digital, Menteri Rudiantara mengakui kecepatan 4G di daerah-daerah terpencil, perbedaannya bisa sampai 23 kali lipat dari akses kecepatan di Jakarta.

"Di bagian Timur Indonesia, bagian Utara Indonesia, jauh. Di Maluku, di Papua, kecepatan 4G-nya hanya rata-rata 300 kilobit per second, atau kecepatannya per 23 kali kita yang ada di sini," ucap Menteri Rudiantara.

Selain perbedaan kecepatan 4G, kata Menteri Rudiantara, untuk membayar akses internet pun juga jauh lebih mahal, yakni dua kali lipat dari di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Menteri Rudiantara, Indonesia bahkan ketinggalan pembangunan infrastruktur digital dari Malaysia. Meskipun begitu, Menteri Rudiantara mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap optimis. Sebab, pemerintah sudah melakukan percepatan pembangunan sejak 2015 yang lalu.

"Tetapi, kita tidak boleh kecil hati. Karena pemerintah sudah melakukan dan menyiapkan percepatan-percepatan (pembangunan infrastruktur), salah satunya melalui Palapa Ring," kata Menteri Rudiantara.

Bakal Lebih Baik

Melalui proyek pembangunan infrastruktur Palapa Ring dan juga ketersediaan Satelit, Menteri Rudiantara memastikan kesenjangan itu harus segera diakhiri agar hadir rasa keadilan.

"Ini sesuatu yang menjadi perhatian pemerintah, bahwa seharusnya tidak berbeda banyak. Karenanya pemerintah mengambil kebijakan keberpihakan. Jadi yang namanya layanan 4G yang kita nikmati disini, bisa juga dinikmati dimana-mana di seluruh Indonesia," jelasnya.

Proyek Palapa Ring dalam waktu dekat segera rampung. Nantinya, akses telekomunikasi di seluruh Indonesia akan lebih lancar seiring kehadiran Palapa Ring. "Sejatinya, program infrastruktur digital tersebut sudah dibahas sejak tahun 2006. Namun, pengoperasiannya baru bisa dieksekusi pada tahun 2015. Atau setahun setelah Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dilantik," ungkap Menteri Rudiantara.

Palapa Ring menurut Menteri Rudiantara, merupakan infrastruktur digital yang fokus membangun jaringan tulang punggung broadband, yang menghubungkan semua kabupaten dan kota di Indonesia.

Broadband atau internet kecepatan tinggi adalah fasilitas telekomunikasi yang disediakan pemerintah, untuk meningkatkan pelayanan akses internet kepada masyarakat, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil).

"Internet di Indonesia belum sepenuhnya merdeka, kita baru merdeka dari menghubungkan 514 kota dan kabupaten, itu baru pertengahan tahun ini," ucap Menteri Rudiantara.

Merdeka sinyal merupakan istilah yang ditujukan pada keberhasilan pemerintah dalam membangun Palapa Ring. Perlu diketahui, Palapa Ring Barat dan Tengah sudah sepenuhnya beroperasi, sementara Palapa Ring Timur, masa konstruksinya sudah 94 persen.

"Insyaallah pertengahan tahun ini, konstruksinya (Palapa Ring Timur) selesai, kita integrasikan semuanya. Disitulah kita merdeka internet, tapi di tingkat kabupaten/kota," pungkasnya.

Editor: Gokli

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit