logo batamtoday
Kamis, 28 Maret 2024
JNE EXPRESS


Palapa Ring Timur Siap Beroperasi Juli 2019
Senin, 04-02-2019 | 09:52 WIB | Penulis: Redaksi
 
Dirut BAKTI, Anang Latif. (Kominfo)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI), Anang Latif mengungkapkan, infrastruktur Palapa Ring timur akan dapat beroperasi pada Juli 2019 mendatang.

Anang mengatakan, pembangunan kabel laut yang panjangnya mencapai 35.280 Kilometer telah selesai dikerjakan. Sementara, untuk pemasangan kabel di daratan sejauh 21.807 Kilometer masih terhambat karena kondisi geografis pegunungan Papua dan Papua Barat.

"Yang menjadi persoalan adalah menyelesaikan menara. Ada sekitar 50 menara yang disiapkan, khususnya di Papua dan Papua Barat," ujar Anang, di Jakarta, Rabu (30/1/2019) seperti dikutip situs resmi Kominfo.

Kendati demikian, Anang menjelaskan, dengan bantuan helikopter yang membawa bahan materialke daerah pegunungan diperkirakan sesuai target proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring timur Juli nanti dapat beroperasi. "Solusi yang kita lakukan dengan menggunakan helikopter. Setiap hari helikopter harus pulang pergi mengangkut material ke lokasi pembangunan," ucap Anang.

Anang mengatakan, BAKTI Kominfo akan melakukan masa percobaan Palapa Ring timur guna memastikan tak ada lagi kendala. "Infrastrukturnya sudah selesai 100 persen. Kalau masa percobaan selama satu bulan tidak ada kendala, maka bulan juli 2019 Palapa Ring Timur sudah siap beroperasi," ucap Anang.

Berkaitan dengan masalah keamanan di areal pegunungan Papua dan Papua Barat, Anang menyebutkan, hingga kini tidak ada masalah selama proses pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Kami selalu didampingi oleh pihak polisi maupun TNI. Jadi teman-teman badan usaha juga memastikan proses pembangunannya bisa dikejar sesuai target," kata Anang.

Anang menuturkan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi bertujuan untuk mewujudkan Indonesia merdeka sinyal tahun 2020 hingga ke wilayah pelosok. Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring merupakan unggulan dari program kerja yang dilakukan Bakti Kemenkominfo yang terbagi menjadi tiga paket, yakni Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur.

Menurut Anang, proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring juga upaya untuk mewujudkan konektivitas nasional. "Secara paralel, Bakti Kemenkominfo bekerja sama dengan mitra penyedia VSAT sebagai bagian dari ground segment. Melalui skema itu, kami harapkan dapat efisiensi biaya untuk memberikan layanan telekomunikasi yang lebih masif," ujar Anang.

BAKTI Kominfo merupakan unit kerja noneselon di lingkungan Kemenkominfo yang bertugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan kewajiban pelayanan universal dan penyediaan infrastruktur serta layanan telekomunikasi dan informatika.

Editor: Gokli

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit