logo batamtoday
Minggu, 05 Mei 2024
JNE EXPRESS


Dikhawatirkan Ada Permainan Mafia BBM, Solar Langka di SPBU Batam
Selasa, 13-11-2018 | 13:16 WIB | Penulis: Romi Chandra
 
Antrian kendaraan yang hendak mengisi solar di SPBU dekat Makodim 0316/Batam. (Foto: Romi)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Antrian panjang kendaraan yang hendak mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar terjadi hampir di setiap SPBU yang ada di Kota Batam. Belum diketahui penyebabnya, namun kondisi tersebut sudah terjadi beberapa hari terakhir.

Seperti yang terjadi di SPBU dekat Makodim 0316/Batam, antrian kendaraan truk, bus serta kendaraan berbaham bakar solar terjadi sejak pagi tadi, Selasa (13/10/2018).

Bahkan banyak pengemudi yang tampak kesal karena sudah antri dan masih belum mendapatkan solar.

Salah satu pengemudi yang mengaku bernama Manurung, mengaku tidak tahu apa yang terjadi, sehingga solar langka dan sulit didapatkan.

"Kami juga tidak tahu apa penyebabnya. Yang jelas sudah tiga hari ini saya harus antri dan menunggu lama untuk mendapatkan solar," akunya.

Selain itu, kondisi tersebut juga tampak ditutupi oleh petugas SPBU. Banyak pengemudi yang menanyakan penyebanya, namun tidak dilayani.

Sejauh ini BATAMTODAY.COM masih mencari tahu kepada pihak terkait penyebab kelangkaan solar di hampir seluruh SPBU di Batam.

Kelangkaan BBM ini, dikhawatirkan karena adanya pihak tertentu atau mafia solar yang ingin meraup keuntungan dengan menjual minyak bersundsidi ke perusahaan industri.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, saat ini kembali marak mobil-mobil pelansir solar yang 'bermain' di beberapa SPBU. Para 'pemain' solar ini tergolong cerdik. Agar bisa mendapatkan minyak solar subsidi lebih banyak --entah bagaimana caranya, mereka bisa memiliki kartu kendali BBM hingga 30 kartu.

Direktur Eksekutif Batam Monitoring, Lamsir, mengatakan, kondisi ini diharapkan bisa segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait, termasuk pihak kepolisian.

"Selain Pertamina sendiri harus mengawasi, polisi juga harus melakukan penyelidikan agar kecurangan tersebut bisa diatasi. Kita bukan menuduh, tapi di lapangan masih ada ditemukan mobil-mobil pelangsir solar itu berkeliaran di SPBU yang ada di wilayah Batam," ungkapnya.

Editor: Yudha

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit