logo batamtoday
Sabtu, 20 April 2024
JNE EXPRESS


5 Kandidat Kuat akan Berebut Kursi Ketua DPD RI periode 2014-2019
Rabu, 01-10-2014 | 19:32 WIB | Penulis: Surya
 

 

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan merencanakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua DPD pada Rabu (1/10) malam ini hingga Kamis dinihari (2/10).


Sejumlah nama seperti Irman Gusman, GKR Hemas, Nono Sampono, Oesman Sapta Odang dan Farouk Muhammad diperkirakan akan bersaing ketat memperebutkan kursi Ketua DPD Periode 20140-2019. 

Saat ini sidang paripurna DPD yang dipimpin pimpinan sementara, Aidil Fitri Syah (Sumatera Selatan) dan didampingi Riri Damayanti Jhon Latief (Bengkulu) diskors hingga pukul 20.00 WIB. Rapat diskors karena belum ada kesepakartan Anggota DPD dalam pembahasan Tata Tertib dan persiapan pemilihan Ketua DPD.

Sedangkan Sekjen DPD Ri Sudarsono Hardjosoekarto mengatakan, Sekretariat Jenderal DPD telah menyusun jadwal pemilihan Ketua DPD pada pukul 23.00 WIB.

"Agenda paripurnanya adalah rapat konsultasi antara pimpinan sementara dengan wakil-wakil anggota dari setiap provinsi dan kemudian dilanjutkan dengan persiapan pemilihan ketua,ā€¯ kata Sekretaris Jenderal DPD, Sudarsono Hardjosoekarto, Rabu (1/10/2014).

Dia menjelaskan, bakal calon angggota DPD dapat masuk dalam bursa calon ketua jika mendapat dukungan dari minimal lima anggota terpilih dari minimal tiga privinsi di wilayahnya.

Irman Gusman adalah Ketua DPD RI Periode 2009-2014 dari Sumatera Barat, GKR Hemas adalah Wakil Ketua DPD Ri Periode 2009-2014 dari Daerah Istimewa Yogyakara. Nono Sampono adalah Anggota DPD Ri asal Maluku, Oesman Sapta Anggota DPD dari Kalimantan Barat dan Farouk Muhammad Anggota DPD dari Nusa Tenggara Barat.

Selain kelima calon anggota DPD tersebut, juga terdapat nama lain yang berkeinginan mencalonkan diri, yakni AM Fatwa (DKI Jakarta), I Gede Pasek Suardika (Bali), Intsiawati Ayus (Riau) dan Bahar Ngitung (Sulawesi Selatan).

Ketua dan Wakil Ketua DPD nantinya akan dipilih 130 Anggota dari 132 Anggota, karena dua Anggota DPD tengah menghadapi masalah hukum sehingga belum dilantik, yakni Chaidir Jafar (Papua Barat) dan Zulkarnain Karim (Bangka Belitung).

Dalam pemilihan Ketua DPD ini, empat Anggota DPD asal Kepulauan Riau, yakni Ria Saptarika, Hardi S Hood, Djasarmen Purba dan Haripinto memiliki calon-calon masih tidak sepakat pada satu calon, yakni Farouk Muhammad, Nono Sampono, Irman Gusman dan Oesman Sapta Odang.

Editor : Surya

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit