logo batamtoday
Minggu, 14 Agustus 2022
Pasang Iklan


Pelayaran Internasional Dibuka, Omzet Pedagang di Pelabuhan Batam Center Meningkat
Sabtu, 25-06-2022 | 12:54 WIB | Penulis: Paskalis RH
 
Salah satu pedagang mamakan dan minuman di Pelabuhan Feri Internasional Batam Center. (Foto: Paskalis RH)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasca dibukanya jalur pelayaran internasional dari Batam ke Singapura dan Malaysia, arus penumpang di Terminal Feri Internasional Batam Center, mengalami peningkatan drastis. Begitu juga dengan omzet para pedagang di pelabuhan itu, mulai meningkat.

Yeni, seorang pedagang makanan dan minuman serta aneka cemilan di Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, mengakui, setelah pelayaran internasional dibuka, omzet daganggannya kembali meningkat.

"Setelah adanya peningkatan penumpang di pelabuhan, omzet penjualan kita mengalami kenaikan dibandingkan dengan 2 tahun lalu saat masih dilanda pandemi Covid-19," kata Yeni saat ditemui di Pelabuhan Feri Batam Center, Sabtu (25/6/2022).

Beberapa minggu belakangan ini, kata dia, omzet dari hasil penjualan mereka pun meroket. Naik tiga kali lipat dari biasanya. Bahkan, bisa sampai membawa pulang Rp 1 juta di saat Weekend (Sabtu dan Minggu).

Namun di hari-hari biasa, Yeni mengaku hanya memperoleh omzet di kisaran Rp 300 ribu per hari.

Penghasilan yang diperoleh akhir-akhir ini, aku Yeni, seolah menjadi pelipur lara setelah didera Covid-19 yang merajalela. Pendapatan dari hasil penjualan itupun sangat disyukurinya. Selain karena lebih banyak dari biasanya, kondisi di pelabuhan pun sudah mulai berangsur normal.

Situasi buruk kala itu, katanya, membuat pemerintah mengambil keputusan berat yaitu melarang masyarakat untuk bepergian keluar negeri melalui pelabuhan Feri Internasional Batam Center.

"Saat itu saya sangat kesulitan. Saya bahkan pernah tidak mendapatkan uang sama sekali," tutur perempuan berdarah Chinese tersebut.

Sebagai informasi, pasca dibukanya jalur pelayaran dari Batam ke Harbour Front Singapura, arus penumpang di Terminal Feri Internasional Batam Center mulai mengalami peningkatan.

Bahkan dalam sehari, penumpang yang berangkat dan tiba di pelabuhan tersebut mencapai 3 ribuan.

Meningkatnya arus penumpang itu disampaikan Genera Manager Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, Nika Astaga saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (17/6/2022) lalu.

Menurut Nika, setiap hari ada 49 trip kapal yang beroperasi. Sebagian besar untuk tujuan ke Singapura. Bahkan dia memperkirakan pada akhir pekan ini, jumlah penumpang bisa mencapai 5000 orang.

"Kalau melihat antusias masyarakat ataupun turis yang ingin ke Singapura, perkiraan penumpang akhir pekan bisa mencapai 4000-5000 orang," pungkas Nika.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit