logo batamtoday
Selasa, 28 Juni 2022
Pasang Iklan


Dari Atas Mobil Komando, Kapolda Metro Sanjung May Day Fiesta Buruh
Sabtu, 14-05-2022 | 12:38 WIB | Penulis: Redaksi
 
Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran bersama Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto serta Presiden KSPI, Said Iqbal di atas mobil komando buruh depan Gedung DPR RI, Jakarta. (Foto: RMOL)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Apresiasi disampaikan pihak kepolisian kepada ribuan buruh yang menggelar aksi May Day Fiesta di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Apresiasi itu disampaikan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran bersama dengan Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto saat menemui Presiden Partai Buruh di atas mobil komando.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan May Day Fiesta yang berjalan dengan tertib aman dan nyaman," kata Fadil.

Fadil meyakini aksi May Day Fiesta yang dilaksanakan hari ini dapat berjalan aman hingga petang nanti. Apalagi, menurut Fadil track record demo buruh selama ini tidak pernah berakhir ricuh.

"Saya yakin sepanjang saya berdinas di Jakarta, buruh melaksanakan demo selalu tertib dan aman. Karena buruh juga merupakan bagian penting pembangunan negara," kata Fadil.

Di akhir orasi di atas mobil komando, Fadil pun memekikkan seruan 'Hidup Buruh' sebanyak tiga kali. Sementara itu, setelah berorasi massa buruh bergeser ke kawasan Gelora Bung Karno.

Sebelumnya, ribuan buruh yang tergabung dalam Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia tiba di gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi sekitar pukul 10.25 WIB, massa buruh didominasi baju dan atribut serba oranye khas warna Partai Buruh.

Aksi buruh ini sebagai bentuk Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada 1 Mei 2022 lalu, namun diperingati oleh ribuan massa pada hari ini.

Partai buruh ini terdiri KSPI, Konfederasi Serikat Buruh Besar, 60 Federasi Serikat Buruh Tingkat Nasional, SPI, Forum Guru Honorer, UPC, Jala PRT, Buruh Migran, Organisasi Perempuan, hingga Ojol.

Sebelumnya, Ketua Departemen Media dan Komunikasi KSPI, Kahar S. Cahyono sebelumya, KSPI bersama elemen buruh lainnya akan bergerak menuju Gedung DPR RI sekitar pukul 10.00 WIB nanti.

“Jadi, hari ini jam 10.00 WIB kita ke DPR,” kata Kahar saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Sabtu (14/5).

Pada peringatan May Day tahun ini, KSPI membawa sedikitnya 18 tuntutan aksi, yakni tolak Omnibus law UU Cipta Kerja; Turunkan harga bahan pokok (minyak goreng, daging, tepung, telur, dll), BBM, dan gas; Sahkan RUU PPRT, tolak revisi UU PPP, tolak revisi UU SP/SB.

Lalu tolak upah murah; Hapus outsourcing; Tolak kenaikan pajak PPn; Sahkan RPP Perlindungan ABK dan Buruh Migran; Tolak pengurangan peserta PBI Jaminan Kesehatan; Wujudkan kedaulatan pangan dan reforma agraria; Stop kriminalisasi petani;

Biaya pendidikan murah dan wajib belajar 15 tahun gratis; Angkat guru dan tenaga honorer menjadi PNS; Pemberdayaan sektor informal; Ratifikasi Konversi ILO No 190 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja;

Kemudian tuntut status driver Ojol sebagai pekerja, bukan mitra kerja; Laksanakan Pemilu tepat waktu 14 Februari 2024 secara jurdil dan tanpa politik uang;

Redistribusi kekayaan yang adil dengan menambah program jaminan sosial (jaminan makanan, perumahan, pengangguran, pendidikan, dan air bersih); dan tidak boleh ada orang kelaparan di negeri yang kaya.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit