logo batamtoday
Selasa, 27 September 2022
Pasang Iklan


Tim Raja Jalanan Juara 1 Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021 di Kepri
Minggu, 05-12-2021 | 09:40 WIB | Penulis: Hadli
 
Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol Rudi Syafirudin saat menyerahkan piagam dan uang pembinaan kepada juara 1 Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021, tingkat Provinsi Kepri, Rabu (1/12/2021) sore. (Foto: Hadli)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Raja Jalanan keluar sebagai juara 1 lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021 tingkat Provinsi Kepri yang berlangsung pada Rabu (1/12/2021). Lomba orasi ini diikuti lima peserta.

Setelah dilakukan penilaian oleh Tim Juri, terdiri dari Ombudsman Kepri, Kemenkumham Kepri, Anggota DPRD Kepri dan perwakilan dari aktivis, organisasi kepemudaan dan LSM, yang keluar sebagai juara 1 berhak mendapat piagam dan dana pembinaan sebanyak Rp 5 juta.

Piagam dan penghargaan ini diberikan langsung Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol Rudi Syafirudin di Dataran Engku Putri Batam Center, Rabu (1/12/2021) sore.

"Sebelumnya juga telah dilakukan lomba mural. Dari lomba mural, jelas siapa yang mengkritik Polri dengan keras menjadi kawan Kapolri, begitu juga dengan rekan-rekan, siapa yang orasi paling keras membangun untuk kebaikan bersama menjadi sahabat kita," kata Irwasda.

Menurut Irwasda Rudi, pemerintah selalu memberikan ruang kebebasan kepada semua masyarakat luas yang melakukan rangkaian kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum. Dan pemerintah termasuk Polri tidak pernah menghalangi.

"Dalam hal ini terima kasih saya ucapkan kepada rekan-rekan. Semoga rekan-rekan terpilih untuk ke Jakarta (final tingkat nasional). Titip pesan kepada rekan-rekan apa bila terpilih berorasilah secar kritis membangun. Sehingga pimpinan (Kapolri) bisa melihat, ternyata masih ada hati nurani rekan-rekan tergerak bagaimana negri ini bisa maju," ucapnya.

Tema dalam Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021 menyangkut HAM. HAM, tabah Rudi, memang diperuntukan untuk Polri, TNI, dan pemerintah. "Dan rekan-rekan tidak akan kena HAM, karena rekan-rekan menyampaikan aspirasi yang berimplementasi bagi kemajuan bangsa ini," tutupnya.

Melalui rangkaian penlnilaian tersebut, juara 1, Tim Raja Jalanan; juara 2, Fiat Justitia, juara 3, Tim Pejuang Sejati, juara harapan 1, Tim Sang Orator dan juara harapan II, Tim Pemuda Demokrasi.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt S mengatakan, Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021 yang diadakan ini dalam rangka memperingati Hari HAM pada 10 Desember mendatang.

"Tentunya esensi dari lomba ini kita ingin memberikan edukasi bagi masyarakat bahwa penyampaian pendapat di muka umum itu adalah sebuah hak dan itu dijamin oleh konstitusi kita. Namun, kita juga memberikan edukasi bahwa di samping hak ada juga kewajiban yang harus dipenuhi, contohnya ikut juga menjaga Hak Asasi Manusia orang lain di luar daripada yang ikut melaksanakan unjuk rasa," jelasnya.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit