logo batamtoday
Selasa, 07 Desember 2021
PKP


Pemotongan Kapal Ilegal di PT GTI Tetap Lanjut, Utusan: Kami Bakal Laporkan ke Pusat
Sabtu, 27-03-2021 | 16:21 WIB | Penulis: Putra Gema
 
Rombongan Komisi I DPRD Batam saat sidak ke galangan kapal Paxocean, Tanjunguncang terkait pemotongan kapal ilegal yang dilakukan PT GTI. (Foto: Putra Gema)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi I DPRD Batam, Utusan Sarumaha berang akibat pemotongan kapal berbendera Bahamas, Acacia Nassau, di PT Graha Trisaka Indonesia (GTI) Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, masih terus berlangsung, meski sudah ada surat perintah penghentian dari Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam.

Beberapa waktu lalu, Komisi I DPRD Batam kaget ketika melakukan sidak ke galangan kapal Paxocean, Tanjunguncang. Saat itu pihaknya mendapati pemotongan kapal Acacia Nassau masih dilakukan PT Graha Trisaka Indonesia (GTI).

Utusan menilai, pemotongan kapal Acacia Nassau tersebut merupakan tindakan ilegal, karena sebelumnya, pada 10 Maret 2021, KSOP Batam secara tegas telah mengeluarkan surat penghentian aktivitas pemotongan kapal tersebut.

Dijelaskannya, pihaknya melakukan sidak ke lokasi tersebut sebanyak dua kali. Pada sidak pertama, kapal tersebut kondisinya masih 50 persen terpotong. Akan tetapi, pada sidak kedua pihaknya mendapati kapal tersebut nyaris selesai di potong dan tersisa 10 persen.

"Sampai berani-beraninya kembali melakukan aktivitas setelah dihentikan, jelas itu melanggar aturan," tegas Utusan, Sabtu (27/3/2021).

Lanjut Utusan, PT GTI dalam proses pemotongan ini jelas tidak mengindahkan aturan penghentian yang telah dikeluarkan KSOP Batam dan telah masuk ke ranah pidana.

Selain itu, Utusan menjelaskan, seharusnya pihak KSOP Batam harus berkoordinasi dengan pihak aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian untuk mengusut tuntas permasalahan ini.

"Kami akan laporkan ke pusat dan kepada penegak hukum karena ada unsur pidana atau kerugian negara. Instansi terkait juga harus bertindak tegas," kata dia.

Dibeberkannya, saat melakukan sidak tersebut, Lanal Batam juga turun langsung meninjau lokasi pemotongan kapal dan Danlanal Batam, Kolonel Laut Sumantri berkomitmen akan memperketat keamanan di galangan kapal Paxocean, guna menjaga kapal Acacia Nassau tidak dilakukan pemotongan kembali.

"Karena permasalahan ini tak kunjung selesai, maka atas keputusan Ketua Komisi I DPRD Batam akan segera menggelar RDP sekali lagi untuk membahas permasalahan tersebut," tutupnya.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit