logo batamtoday
Rabu, 21 April 2021
PKP


Bill Gates Ungkap 3 Jurus Atasi Pandemi Masa Depan
Sabtu, 30-01-2021 | 10:12 WIB | Penulis: Redaksi
 
Bill Gates.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jika melihat sejarah, masih akan ada lagi pandemi setelah Corona dapat dikendalikan.

"Kesiapan menghadap pandemi harus dilakukan dengan sama serius seperti ancaman perang," tulis Bill Gates dalam tulisan baru di blognya.

PKP

Gates pun membeberkan 3 jurus untuk dapat mengatasi pandemi di masa depan, khususnya di Amerika Serikat, dengan belajar dari pandemi Corona.

1. Mega diagnosa
Pertama adalah menyelenggarakan tes penyakit besar-besaran dari awal. Selain itu, perawatan dan terapi bagi penderita harus dilakukan secepat mungkin, menggunakan obat yang terbukti efektif.

"Pada pandemi selanjutnya, saya harap kita akan punya apa yang saya sebut sebagai platform mega diagnosa, yang bisa mengetes sebanyak 20% populasi global setiap minggunya," tulis Gates.

2. Tim pakar dalam jumlah besar
Kemudian jurus kedua adalah adanya tim yang terdiri dari ribuan pakar penyakit menular untuk menemukan potensi pandemi secepatnya dan langsung mengetengahkan solusi.

"Pikirkan mereka sebagai skuad pemadam pandemi. Seperti halnya pemadam kebakaran, mereka adalah profesional yang sungguh terlatih yang siap untuk menanggapi krisis potensial sewaktu-waktu," sebut Bill Gates.

"Saat mereka tidak secara aktif merespons wabah, mereka bisa tetap menjaga skillnya terasah dengan bekerja di penyakit seperti malaria dan polio," tambah Gates seperti dikutip detikINET dari CNBC, Sabtu (30/1/2021).

3. Simulasi mitigasi penyakit
Kemudian jurus ketiga, agar tetap siap, Bill Gates mengusulkan adanya semacam game simulasi penyakit yang canggih sehingga para pakar bisa menggelar praktik, menganalisa dan meningkatkan bagaimana respons terhadap wabah.

"Seperti latihan perang memungkinkan militer bersiap untuk perang yang sesungguhnya," sebut Bill Gates.

Simulasi semacam itu akan membantu melatih dan mempersiapkan para pakar penyakit menular sehingga bisa bertindak cepat."Kecepatan itu penting dalam sebuah pandemi. Semakin cepat Anda beraksi, semakin cepat pula Anda memangkas pertumbuhan eksponen virus," papar Bill Gates.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit