logo batamtoday
Rabu, 03 Maret 2021
PKP


Ini Penjelasan Kabid Perdagangan Lingga Terkait Lonjakan Harga Cabai Merah dan Rawit
Jumat, 15-01-2021 | 09:08 WIB | Penulis: Wandy
 
Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lingga Raswin Abdullah. (Wandy/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Lingga - Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lingga Raswin Abdullah angkat bicara terkait lonjakan harga cabai merah dan rawit di Pasar Dabo.

"Tadi rekan-rekan kita langsung melakukan pengecekan di pasar, dimana harga cabai merah di harga memang kemarin ada kenaikan, namun saat ini sudah di harga Rp 68 ribu perkilonya," kata Raswin, saat ditemui diruangannya, Kamis (14/1/2021).

Menurut Rawsin, lonjakan tersebut hanya merupakan hukum pasar, dimana penawaran banyak komoditinya sedikit, tentu harganya naik.

"Kalau supply-nya banyak demand-nya sedikit harganya akan turun, namun sebaliknya kalau demand-nya banyak supply sedikit berarti harga akan meningkat," ujarnya.

Dijelaskan Raswin, harga meningkat itu bukan berarti adanya permainan di pasar melainkan memang faktor cuaca, pupuk, maupun stok yang terbatas.

Selain itu, menurutnya peningkatan harga juga dapat membantu para petani dan peternak mendapatkan untung, namun sedikit beban di masyarakat.

"Namun permasalahan lonjakan harga kebutuhan pokok ini akan kita carikan solusi terbaiknya. Intinya stok kebutuhan kita mencukupi," ungkapnya.

Sementara itu, terkait kenaikan harga telur beberapa waktu lalu dikarenakan pada saat itu adanya perayaan natal. Namun saat ini sudah kembali normal.

"Kenaikan itu terjadi pada akhir Desember 2020, sebab pada saat itu perayaan natal, dimana penawaran banyak komoditi sedikit sehingga harga naik. Namun sekarang sudah kembali normal," beber Raswin.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit