logo batamtoday
Senin, 12 April 2021
PKP


Pasca MoU Bupati Bintan dan KIB Lobam
KSBSI Bintan Minta Cek Penyerapan Naker Lokal di Lapangan
Senin, 28-12-2020 | 14:20 WIB | Penulis: Harjo
 
Wakil Ketua FKUI KSBSI Bintan, Hendro Suseno. (Foto: Harjo)  

BATAMTODAY.COM, Bintan - Penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara Bupati Bintan dan perusahaan di Bintan, termasuk di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, harus dijadikan acuan penyerapan tenaga kerja (naker) lokal Bintan.

Wakil Ketua Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI) KSBSI Bintan, Hendro Suseno, menyatakan, jika lepas dari kontrol masyarakat dan pihak instansi terkait, MoU tersebut bisa-bisa berjalan tidak sesuai harapan.

PKP

"Artinya, adanya MoU pola penyerapan tenaga kerja lokal tidak hanya sebatas isapan jempol belaka. Makanya perlu dilakukan pendampingan terhadap calon tenaga kerja dan perusahaan," ujar Hendro Suseno kepada BATAMTODAY.COM, Senin (28/12/2020).

Sebab, walau sudah beberapa perusahaan membuka lowongan kerja, hal tersebut tidak hanya sebatas pemberitahuan semata. Tetapi realisasinya di lapangan harus lebih penting, termasuk dari pemerintah sendiri dalam mempersiapkan tenaga kerja agar memiliki skill.

Menjelang tahun 2021, jelas Hendro, apa yang terjadi di tahun ini 2020 harus dijadikan evaluasi. Tujuannya, agar pola penerapan hingga mempersiapkan tenaga kerja berkeahlian untu lebih ditingkatkan.

Sebaliknya, kroscek dan kontrol terhadap perusahaan yang sudah menandatangani MoU, juga menjadi hal yang penting dilakukan.

Editor: Dardani

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit