logo batamtoday
Rabu, 27 Januari 2021
Pasang Iklan


Sempat Dijadikan Armenia Kandang Babi, Presiden Ilham Aliyev Kembalikan Kesucian Masjid Agdam
Minggu, 29-11-2020 | 17:35 WIB | Penulis: Redaksi
 
Kunjungan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan istrinya ke Masjid Agdam di Nagorno-Karabakh. (Foto: Ist)  

BATAMTODAY.COM, Agdam - Setelah berhasil mengambil alih sejumlah wilayah di Nagorno-Karabakh, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev melakukan kunjungan ke beberapa situs keagamaan dan budaya di sana.

Bersama sang istri, Mehriban Aliyeva, ia mengunjungi masjid terbesar di Nagorno-Karabakh, Agdam Mosque di Kota Agdam.

 

Berpidato di depan masjid tersebut, Aliyev prihatin dengan kondisi masjid yang digunakan menjadi kandang hewan, termasuk babi, oleh orang-orang Armenia.

Ia pun mengkritik pernyataan para pemimpin negara Barat yang meminta Azerbaijan untuk melindungi gereja dan situs budaya orang Armenia ketika Baku berhasil mengambil alih wilayah tersebut.

"Siapa yang bisa mengkritik kami? Mereka yang menutup masjid. Mereka tidak perlu mengungkapkan keprihatinan apa pun. Semua situs bersejarah kami dilindungi oleh negara," kata Aliyev, seperti dikutip Daily Sabah pada Rabu (25/11/2020).

Dalam video yang diterima oleh redaksi pada Minggu (29/11/2020), tampak Aliyev dan istrinya yang memakai pakaian militer memasuki Masjid Agdam tanpa alas kaki.

Mereka membawa Al Quran dan sehelai kain ketika masuk ke dalam masjid.

Terlihat Al Quran tersebut disimpan di atas kain yang digelar pada sebuah podium. Aliyev pun memegang Al Quran tersebut sembari berdoa bersama sang istri.

Masjid Agdam dibangun oleh arsitek Karbalayi Safikhan Warabakkhi pada 1868 dan rampung pada 1870. Masjid tersebut dibuat megah mengingat Kota Agdam adalah salah satu pusat perdagangan.

Di bawah kekuasaan orang-orang Armenia, Masjid Agdam dijadikan sebagai kandang ternak, dari sapi hingga babi.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit