logo batamtoday
Rabu, 27 Januari 2021
Pasang Iklan


PT KSW Honeywell Batam Tutup Total, Ratusan Karyawan Di-PHK
Rabu, 25-11-2020 | 10:12 WIB | Penulis: Irwan Hirzal
 
Jos Sudarso Simamora, Ketua TSK (Tekstil Sandang Kulit) SPSI PT KSW Batam bersama sejumlah karyawan yang di PHK. (Irwan Hirzal/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Batam - PT King Safety Wear (KSW) yang berada di Kawasan Latrade Industri Park, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam terpaksa harus menutup operasionalnya. Ratusan karyawan pun diputus hubungan kerja (PHK), Selasa (24/11/2020) kemarin.

Setidaknya ada 400-an karyawan permanen dan kontrak yang di PHK oleh perusahan. Mulai dari sekuriti, operator hingga jajaran HRD dikumpulkan oleh pihak perusahan untuk tanda tangani surat perjanjian bersama PHK.

"Semua karyawan disuruh datang ke perusahaan, baik yang cuti dan shift malam. Tiba di depan perusahan semua karyawan diminta untuk menandatangani surat perjanjian bersama PHK," ujar Jos Sudarso Simamora, Ketua TSK (Tekstil Sandang Kulit) SPSI PT KSW Batam saat mendatangi Polsek Batuaji.

Dijelaskan, rata-rata karyawan bersedia menandatangi surat tersebut. Sebab seluruh hak karyawan akan diberikan oleh perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Alasannya tutup karena efesiensi. Meski demikian, hari ini Rabu masih ada sebagian karyawan yang masuk untuk menyelesaikan barang yang tersisa," tuturnya.

Disayangkan, karena PHK yang dilakukan perusahan tidak terlebih daluhu merundingkan atau melakukan sosialisi dengan serikat pekerja PT KSW Batam.

"Harusnya dirundingkan dulu dan dicari upaya lainnya. Kami merasa serikat pekerja itu tidak dihargai," keluhnya.

Seperti diketahui, dulunya perusahaan yang memproduksi sepatu safety ini merupakan PT KSW dan beroperasi sejak tahun 2005 lalu. Tapi di tahun 2012, perusahaan tersebut melakukan pergantian pemilik dan namanya pun menjadian PT Honeywell.

Harton Silaban, karyawan lainnya mengaku ada sekitar 400-an karyawan yang menandatangi surat tersebut, 35 diantaranya masih berstatus kontrak.

Ia mengaku sempat terkejut dengan pemutusan hubungan kerja itu. Sebab dilakukan secara tiba-tiba, bahkan tidak terdengar adanya isu apapun terkait penutupan perusahaan.

"Kami karyawan kaget. Padahal bulan lalu PT KSW Batam by Honeywell masih buka lowongan kerja. Tapi sekarang tiba-tiba tutup total," pungkasnya.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit