logo batamtoday
Kamis, 03 Desember 2020
15th Anniversary


10 Burung Termahal Dunia, Harganya Hingga Miliaran
Rabu, 21-10-2020 | 11:32 WIB | Penulis: Redaksi
 
Foto: Toucan (Jonny Lew from Pexels)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Merawat dan memelihara burung adalah sebuah hobi yang sangat menyenangkan. Banyak orang yang jatuh cinta pada burung, karena hewan yang satu ini memang memiliki banyak daya tarik bagi siapa saja yang melihatnya.

Bukan hanya bulunya yang cantik, beberapa burung pun dicari untuk kicaunya. Tidaklah heran, ada beberapa jenis burung didunia memiliki harga selangit. Lantas apa saja itu, berikut paparannya menurut Moneyinc.

10. Northern Cardinal (kisaran Rp 11 juta)
Burung merah kecil ini memiliki sejarah yang menarik. Para penduduk asli Amerika di beberapa daerah percaya bahwa burung ini mampu membawa pesan kepada leluhur. Mungkin ini menjadi alasan yang membuat harganya mahal.

9. Mountain Bluebird (kisaran Rp 12,4 juta)
Mountain Bluebird memiliki bulu berwarna biru dengan mata hitam solid. Namun, kecantikan Mountain Bluebird justru terletak pada gradasi terang pada bagian perutnya.

Mereka berukuran sedang, sekitar 16 - 20 cm, dengan berat 30 gram. Mountain Bluebird biasa menyantap serangga, cacing, arbei, dan kacang-kacangan. Sebagai komoditas, pesona mereka dihargai hingga 12 juta rupiah per ekor.

8. Northern Oriole (kisaran Rp 12,4 juta)
Di beberapa wilayah, Northern Oriole juga terkenal dengan sebutan Baltimore Oriole. Ia adalah burung pengicau yang hidup di Amerika Utara.

Northern Oriole kerap bermigrasi. Sepanjang musim panas, mereka menghuni Nearctic.

7. Scarlet Tanager (kisaran Rp 13,2 juta)
Burung kicau ini memiliki warna merah tua yang begitu indah. Berdasarkan warna pula, mereka begitu mudah dibedakan antara burung jantan dan betina.

Scarlet Tanager betina memiliki corak kuning kehijauan dengan ekor dan sayap berwarna coklat kehijauan, sedangkan yang jantan dominan merah tua dengan ekor dan sayap berwarna hitam. Harganya tergolong mahal hingga belasan juta rupiah.

6. Flamingo (kisaran Rp 14,6 juta)
Burung berwarna salem dengan semburat merah muda ini masih keturunan burung migran asal Kepulauan Karibia, Amerika Selatan, Afrika Utara, dan sebagian wilayah Asia. Per ekor, Flamingo bisa mencapai harga 14 juta rupiah.

Namun, tentu saja, demi kelangsungan insting alami mereka, flamingo sebaiknya dipelihara berkelompok dan mendapat tempat hidup yang luas.

5. Ayam Cemani (kisaran Rp 36,7 juta)
Ayam Cemani adalah asli dari indonesia. Ia memiliki warna hitam keseluruhan, bukan hanya bulu tapi mata bahkan tulang.

4. Toucan (kisaran Rp 117,4 juta)
Burung-burung ini, dengan paruh ikoniknya, secara mengejutkan masuk dalam lima besar burung termahal. Warna-warni cantik, kontras, dan bernuansa tropis, menjadi kunci kemolekan Toucan, burung yang hidup di bagian selatan Meksiko, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia.

3. Hyacinth Macaw (kisaran Rp 100 hingga Rp 587 juta)
Harganya mungkin bervariasi, tetapi keindahan burung ini tetap sama. Hyacinth Macaw dikenal dengan bulu biru dan pipi kuningnya. Ia berasal dari Amerika Latin.

2. Palm atau Goliath Cockatoo (kisaran Rp 234 juta)
Tidak hanya memiliki bulu elegan berwarna abu kebiruan solid dan pipi merah yang unik, Palm Cockatoo juga salah satu jenis kakaktua yang memiliki bentuk menarik dengan jambul yang mencuat.

Terlebih, dengan tinggi sekitar 60 cm, mereka tampak begitu menakjubkan. Tidak heran, burung yang biasa dijumpai di hutan hujan wilayah Australia dan Papua New Guinea ini begitu mahal, di kisaran 234 juta rupiah per ekor.

1. Racing Pigeons (kisaran ratusan ribu hingga Rp 1,3 miliar)
Burung abu-abu dengan refleksi cahaya pelangi ini tidak pandai berkicau atau mengeluarkan suara nyanyian yang menenangkan. Namun, merpati terkenal jago 'balapan'.

Harganya bisa ditemui dari ratusan ribu hingga miliaran. Semakin mahir ia terbang dn mengalahkan burung lain dalam lomba, harganya bisa mencapai miliaran.

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit