logo batamtoday
Senin, 03 Agustus 2020
ACT QURBAN


Jika Terpilih Jadi Wali Kota Batam, Rian Ernest Janji Hapus PBB dan UWTO Bisa Dicicil
Rabu, 01-07-2020 | 17:22 WIB | Penulis: Irwan Hirzal
 
Rian Ernest, bakal calon Wali Kota Batam pada Pilkada 9 Desember 2020. (Foto: Irwan Hirzal)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Bakal Calon Wali Kota Batam, jalur perseorangan, Rian Ernest sudah memiliki program penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), jika dirinya terpilih pada Pilkada 9 Desember mendatang.

"Jadi dari riset dan kalkulasi oleh tim saya, apabila PBB dihilangkan akan hilang PAD sebesar 18 persen. Tetapi tidak semua sektor PBB yang dihilangkan," kata Rian, baru-baru ini di Kawasan Batam Center.

Penghapusan PBB bisa dilakukan atas dasar azas keadilan. Penghapusan PBB bisa dilakukan dengan melihat luas tanah atau dari sisi Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). "Mungkin tidak seluruhnya dibebaskan PBB. Bisa kita lihat nilai-nilai berapa yang akan bebas dan mana yang masih dikenakan PBB," jelasnya.

Bahkan dirinya sudah memikirkan solusi terbaik untuk menutupi hilangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari PBB.

"Kita bisa kejar pemasukan PAD dari sektor lain. Contohnya dari Bea Perolehan Hak Atas Bangunan (BPHTB) dan sektor lainnya," ujarnya.

Tak hanya itu, Rian juga memiliki rencana dalam mengurangi beban masyarakat  dalam pembayaran Uang Wajip Tahunan Otoritas (UWTO). Ia berkeinginan UWTO bisa dibayar melalui mekanisme dicicil.

Ia juga menyadari sulit untuk menghapus UWTO, lantaran sudah terbukti janji Muhammad Rudi pada kampanye pemilihan Wali Kota 2015 lalu dan tidak terbukti sampai saat ini. "Saya sadar secara hukum sulit untuk kita ubah, terbukti janji Rudi yang gagal. Jadi saya mau bikin UWTO dicicil saja pembayaranya," tegas Rian.

Dengan adanya rencana penghapusan PBB dan UWTO dicicil dapat mengurangi beban masyarakat Batam. Karena saat ini jumlah pengangguran di Batam lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional di masa pendemi Covid-19.

"Ini adalah solusi awal untuk meringankan beban warga Batam. Batam ini adalah kota maju dan pola berpikir harus lebih maju," pungkasnya.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit