logo batamtoday
Jum'at, 03 April 2020
PKP


Rayakan Imlek, Ratusan Warga Tionghoa Sembayang di Vihara Budhi Bhakti Batam
Sabtu, 25-01-2020 | 13:32 WIB | Penulis: CR-3
 
Suasana perayaan Imlek di Vihara Budhi Bhakti di Kawasan Nagoya. (CR-3)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Vihara Budhi Bhakti di Kawasan Nagoya, Kota Batam, sejak Sabtu (25/1/2020) pagi ramai didatangi ratusan warga Tionghoa yang hendak melakukan ibadah hari raya Imlek.

Pantauan BATAMTODAY.COM, sejak pukul 10.30 WIB di dalam vihara terlihat banyak warga Tionghoa yang datang langsung sembahyang dan berdoa.

Salah satu jemaat, A Tiong, mengatakan makna membakar lilin itu agar seluruh warga di tahun Tikus logam ini terhindar dari segala rintangan. Cahaya lilin ini sebagai simbol agar sinar yang melenyapkan segala rintangan.

"Supaya rintangannya lenyap, pasang lilin supaya segala rintangan bisa lenyap dengan sinar, itu sebenarnya simbol. Seakan-akan kita mendapat jalan mendapat berkah," ujar A Tiong di Vihara Budhi Bhakti.

Tampak di Vihara Budhi Bhakti, beberapa meja altar berisikan patung, lilin, dupa, dan buah-buahan sebagai ritual persembahyangan sebagai persembahan warga Tionghoa kepada para dewa.

Ia menjelaskan, ada altar Kwan Tong atau sebutannya dewa yang menyimbolkan kejujuran dan kesetiaan. Kemudian ada Dewa Hok Tek Ceng Sin sebagai tuan rumah kalau orang berdagang mau usaha mintanya sama dewa ini.

"Ada juga altar Dewi Avalo Kite Suara atau Dewi Kuan Im sebagai dewa welas asih. Ada altar Wito katakanlah malaikat langit yang memerangi kejahatan. Ada Sian Jdien Kau. Ada Bidah Sigata Gotama, yaitu memberikan ajaran hukum alam semesta. Terakhir itu altar leluhur nenek moyang," pungkasnya.

Selain dikunjungi warga Tionghoa asal Batam, Vihara Budhi Bahkti di kawasan Nagoya juga di ramai dikunjungi warga Tionghoa dari luar Batam.

Sebut saja Memei, warga Tionghoa asal Selat Panjang yang sengaja datang ke Batam untuk melakukan perayaan tahun baru imlek di Vihara Budhi Bhakti.

"Hampir setiap tahun, saya bersama keluarga dari Selat Panjang datang ke Batam untuk merayakan imlek di Vihara ini," Kata Memei.

Untuk merayakan imlek di Batam, kata dia, ia dan keluarganya berangkat dari Selat Panjang sejak hari Jumat kemarin.

"Sudah dari kemarin kami sampai di Batam. Tujuannya adalah untuk merayakan imlek sekaligus liburan," ujarnya.

Tahun baru Imlek tahun ini, sebut dia, dapat memberikan keberkahan. "Saya dan keluarga berharap, semoga perayaan Imlek tahun ini dapat memberikan keberkahan yang melimpah serta membawa kedamaian bagi semua umat," pungkasnya.

Hingga berita ini di publish, tampak ratusan warga Tionghoa sili berganti mendatangi Vihara Budhi Bhakti untuk melakukan ritual sembahyang.

Editor: Chandra

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit