logo batamtoday
Kamis, 20 Februari 2020
PKP


Bawaslu Susun Sistem Digitalisasi Pengawasan
Dugaan Pelanggaran Pilkada Bakal Didukung Bukti Digital
Senin, 20-01-2020 | 18:16 WIB | Penulis: Redaksi
 
Bawaslu RI dalam acara Try Out Sistem Digitalisasi Pengawasan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). (Bawaslu)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bawaslu sedang menyusun sistem digitalisasi pengawasan. Dengan sistem ini, temuan dugaan pelanggaran manual oleh pengawas pemilu nantinya akan dituangkan dan didokumentasikan dalam bentuk digital.

Hal ini diungkapkan Anggota Bawaslu, M Afifuddin saat memantau Try Out Sistem Digitalisasi Pengawasan di Jakarta, Jumat (17/1/2020) lalu. "Sistem ini akan memudahkan jajaran pengawas pemilu untuk melaporkan temuan dugaan pelanggaran (formulir pengawasan/form A)," ujarnya, seperti dilansir laman resmi Bawaslu.

Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pengawasan Bawaslu itu mengatakan, sistem digitalisasi pengawasan ini telah berjalan sekitar 90%. Dia berharap, upaya digitalisasi pengawasan ini bisa digunakan pada tahapan perekrutan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) oleh KPU.

Afif menjelaskan, sistem ini dibangun berdasarkan hasil evaluasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang lalu. Di mana, sambungnya, pengawas pemilu masih kesulitan dalam melakukan pendokumentasian hasil temuan dugaan pelanggaran.

"Sistem ini dalam tahap penyempurnaan," ungkap Afif.

Sebelumnya, Bawaslu juga telah membangun sistem Siwaslu. Menurutnya, Siwaslu sendiri nantinya akan digunakan pengawas pemilu untuk mengunggah hasil rekapitulasi.

"Sedangkan sistem digitalisasi pengawasan digunakan untuk semua proses tahapan Pilkada," tutupnya.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit