logo batamtoday
Jum'at, 19 April 2024
JNE EXPRESS


BMKG Prakirakan Kepri Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Periode 20-23 Januari 2020
Sabtu, 18-01-2020 | 17:16 WIB | Penulis: Redaksi
 
Hasil citra satelut BMKG.  

BATAMTODAY.COM, Batam - BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia periode 17-23 Januari 2020.

Mengutip siaran pers BMKG, prakiraan hujan intensitas lebat ini setelah mengamati sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata, yang saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

"Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua," tulis BMKG dalam siaran persnya, Jumat (17/1/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi wilayah sebagai berikut:

Periode 17-19 Januari 2020: Sumatera Barat; Jambi; Bengkulu; Bangka Belitung; Sumatera Selatan; Lampung; DKI Jakarta; Jawa Barat; Jawa Tengah; Kalimantan Barat; Kalimantan Tengah; Kalimantan Utara; Kalimantan Timur; Kalimantan Selatan; Sulawesi Barat; Sulawesi Tengah; Sulawesi Selatan; Sulawesi Tenggara dan Papua.

Periode 20-23 Januari 2020: Aceh; Sumatera Utara; Sumatera Barat; Riau; Kepulauan Riau; Jambi; Bengkulu; Bangka Belitung; Sumatera Selatan; Lampung; DKI Jakarta; Jawa Barat; Jawa Tengah; Jawa Timur; Bali; Kalimantan Barat; Kalimantan Tengah; Kalimantan Selatan; Sulawesi Barat; Sulawesi Tengah; Sulawesi Selatan; Sulawesi Tenggara dan Papua.

Berdasarkan peta prakiraan berbasis dampak hujan lebat di Indonesia, perlu diwaspadai potensi banjir/longsor untuk 3 hari ke depan (17-19 Januari 2020) di wilayah: Sumatera Barat (siaga); Sumatera Selatan (siaga); Jambi (siaga); Bengkulu (siaga); Jawa Barat (Siaga); Aceh (Waspada); Sumatera Utara (Waspada); Lampung (Waspada); Jawa Tengah (Waspada); Jawa Timur (Waspada); dan Sulawesi Selatan (Waspada).

Potensi hujan lebat di wilayah JABODETABEK (17-19 Januari 2020) perlu diwaspadai di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok dan Bogor.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada."

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui: call center 021-6546315/18; https://www.bmkg.go.id; follow media sosial @infoBMKG; aplikasi iOS dan android "Info BMKG"; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Editor: Gokli

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit