logo batamtoday
Sabtu, 19 September 2020
Pasang Iklan


Lahirnya Martha Christina Tiahahu hingga Myanmar Merdeka Terjadi pada 4 Januari
Sabtu, 04-01-2020 | 13:20 WIB | Penulis: Redaksi
 
Pahlawan Nasional christina martha tiahahu. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 4 Januari. Salah satunya adalah lahirnya seorang pahlawan dari Indonesia bernama Martha Christina Tiahahu lahir pada 4 Januari 1800.

Tak hanya itu, peristiwa penting dan bersejarah lainnya terjadi pada 4 Januari, sebagaimana dihimpun dari Wikipedia, sebagai berikut :

1800 - Kelahiran Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu merupakan seorang gadis Desa Abubu di Pulau Nusalaut, Maluku, yang lahir pada 4 Januari 1800. Ia dikenal sebagai seorang gadis pemberani yang langsung terjun ke medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam Perang Pattimura tahun 1817.

Hingga akhirnya, ia meninggal dunia pada usia 17 tahun di Laut Banda, Maluku. Sampai sekarang dia dinobatkan sebagai pahlawan nasional Indonesia dan dikenang lewat Monumen Martha Christina Tiahahu di Abubu, Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah.

1896 - Utah masuk sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-45

Utah adalah sebuah negara bagian di barat Amerika Serikat, di wilayah pegunungan Rocky. Ibu kotanya adalah Salt Lake City. Negara bagian ini memiliki populasi 2.351.467.

Negara bagian ini kasar dan kering serta memiliki pemandangan alami yang spektakuler. Utah merupakan destinasi populer saat musim panas dan musim dingin. Salt Lake City, resort ski di Wasatch Range, dan taman nasional di selatan adalah tempat paling populer. Nama Utah berasal dari bahasa Ute Selatan dan berarti "tinggi di atas".

1946 - Presiden Indonesia Soekarno dan rombongan tiba di Yogyakarta

Rombongan Soekarno tiba dengan kereta api dalam rangka pemindahan ibu kota Republik Indonesia ke Yogyakarta dari Jakarta yang situasinya sudah tidak aman dan telah diduduki Belanda.

Presiden Soekarno memutuskan memindahkan ibu kota RI ke Yogyakarta atas izin Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Pakualam VIII. Maka pada 4 Januari 1946 dini hari, Bung Karno beserta rombongan menuju Yogyakarta menggunakan kereta api.

Hanya jalur-jalur keretalah yang masih relatif aman. Jalur yang dilalui yakni Pegangsaan Timur-Manggarai-Jatinegara-Bekasi-Cikampek-Cirebon-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo-Yogyakarta.

1948 - Kemerdekaan Myanmar

Perang Inggris-Myanmar pada 1824 hingga 1885 menyebabkan tunduknya Myanmar di bawah penjajahan Inggris. Myanmar pun sempat dijadikan provinsi India oleh Inggris pada 1886.

Berbagai bentuk perlawanan terhadap Inggris sudah dilakukan. Salah satunya muncul gerakan nasionalisme bernama The General Council of Burmese Association (GCBA) yang menjalankan politik non-kooperatif dengan Inggris.

Alhasil, Myanmar resmi merdeka dari Inggris pada 4 Januari 1948. Hingga saat ini tanggal itu diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Myanmar.

1959 - Luna 1 menjadi pesawat luar angkasa pertama yang mendekati bulan

Luna 1 adalah sebuah wahana antariksa pertama yang mencapai daerah sekitar Bulan, merupakan misi pertama dari Program Luna milik Uni Sovyet. Wahana ini direncanakan untuk menabrak Bulan, namun gagal dan menjadi objek buatan manusia pertama yang melayang-layang dalam orbit mengitari Matahari.

2004 - Dr Mikhail Saakashvili dipilih menjadi Presiden Georgia

Mikhail Saakashvili adalah seorang hakim, politikus serta Presiden Georgia sejak 25 Januari 2004.

Editor: Chandra

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit