logo batamtoday
Jum'at, 13 Desember 2019
PKP


5 Makanan Sehat yang Bisa Berubah Jadi Bencana Ketika Salah Pengolahannya
Senin, 11-11-2019 | 13:04 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Konsumsi makanan terutama buah dan sayur merupakan cara penting untuk menjaga kesehatan. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan melindungi dirimu dari berbagai masalah kesehatan.

Walau begitu, selain pilihan buah dan sayur, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan. Cara mengolah dan memasak makanan ini bisa sangat mempengaruhi nutrisi di dalamnya.

Proses pengolahan bahan makanan yang salah bisa membuat nutrisi dan manfaat di dalamnya menghilang. Lebih parahnya, hal ini bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan dalam dirimu.

Beberapa buah dan sayur yang sehat bisa kehilangan manfaatnya saat salah pengolahan. Berikut sejumlah makanan sehat yang harus diperhatikan cara mengolahnya.

Bawang Putih

Ketika akan dibubuhkan sebagai bumbu masakan, kamu biasanya menghancurkan bawang putih dan kemudian mencincangnya. Padahal proses ini akan membuat enzim dalam bawang putih yaitu allicin menjadi hilang. Allicin sendiri bermanfaat untuk melindungi sistem kardiovaskular tubuh.

Wortel

Wortel memiliki sejumlah nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh asal diolah dengan cara tepat. Penelitian menunjukkan bahwa memotong wortel terlalu kecil akan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Kentang

Menggoreng kentang bisa menyebabkan peningkatan berat badan saat disantap. Oleh karena itu, ganti cara pengolahan dengan merebusnya untuk mengurangi tekanan darah dan mencegah kanker.

Apel

Hindari mengonsumsi apel yang belum matang benar. Tunggu sampai apel berada dalam fase matang sebab apel yang matang tinggi akan kandungan asam amino yang berfungsi untuk melawan racun yang ada dalam tubuh.

Brokoli

Hindari memasak brokoli dengan cara digoreng karena membuatnya kehilangan nutrisi. Lebih baik kukus brokoli karena akan membuat nutrisinya tetap terjaga.

Cara mengolah atau memasak makanan dengan tepat akan membuat nutrisinya tetap terjaga. Keliru mengolah cara memasak bisa membuatnya menjadi bermasalah bagi dirimu ketika mengonsumsinya.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Chandra

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit