logo batamtoday
Jum'at, 29 Maret 2024
JNE EXPRESS


Warga Binaan Rutan Karimun Tak Semuanya Terdaftar di DPTB Pemilu 2019
Selasa, 19-02-2019 | 09:53 WIB | Penulis: Wandy
 
Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan. (Foto: Wandy)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) Pemilu 2019 di Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun belum terdaftar seluruhnya.

Jumlah warga binaan diketahui sebanyak 339 orang, di mana dari jumlah tersebut yang masuk ke DPTB sebanyak 154 orang. Sementara yang memiliki hak suara tetapi belum terdaftar sebanyak 170 orang.

Dari jumlah tersebut 10 orang lainnya akan bebas sebelum tanggal 17 April 2019 atau di hari pencoblosan. Sementara lima orang lainnya tidak memiliki hak pilih yakni satu anak-anak dan empat orang WNA.

Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan mengatakan, yang menentukan daftar pemilih itu KPU, sementara untuk DPTB di Rutan sudah diperbaharui tiga kali.

"Untuk jumlah warga binaan yang masuk DPTB baru 154, jumlah itu bisa saja berubah lagi sampai jelang hari pencoblosan. Karena yang menentukan untuk daftar pemilih dari KPU," kata Eri, Selasa (19/2/2019).

Dijelaskan Eri, di mana sebelumnya Disduk Capil Kabupaten Karimun telah mendata dan melakukan perekaman e-KTP terhadap warga binaan Rutan Karimun. Untuk hasilnya sebanyak 29 warga binaan sudah merekam dirutan Karimun. Sementara untuk 11 lainnya merekam di Rutan atau di Lapas luar Karimun.

"Karena selain itu warga binaan yang telah merekam sebelum berada di Rutan sebanyak 197 orang di Kabupaten Karimun dan 67 orang di luar Karimun. Sementara 20 warga binaan belum bisa merekam karena Disduk Capil tidak menemukan data mereka. Umumnya yang datanya tidak ditemukan tersebut merupakan warga binaan yang berasal dari luar Kabupaten Karimun," jelas Eri.

Eri Erawan menyebutkan, pihaknya hanya menfasilitasi pelaksanaan Pemilu. Namun dia menginginkan seluruh warga binaan Rutan Tanjungbalai Karimun yang memiliki hak pilih dapat mencoblos.

"Tujuan kami agar semua warga binaan yang mempunyai hak pilih dapat memilih," ungkapnya.

Editor: Gokli

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit