logo batamtoday
Minggu, 17 Februari 2019
Banner PKP


Hadirkan Ria Irawan, YKI Latih 135 Pendamping Kanker di Kepri
Selasa, 12-02-2019 | 10:40 WIB | Penulis: Charles Sitompul
 
Ria Irawan saat memotivasi para pendamping Kanker yang digelar YKI Kepri. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Kepri melatih sebanyak 135 orang pendamping penderita kanker, baik stadium awal maupun stadium lanjut.

Para pendampingi tersebut bertugas memberikan harapan dan semanga pada penderita kanker sehingga mau berobat secara medis.

Ketua Yayasan Kanker (YKI) Kepri, Noor Lizah Nurdin mengatakan, dirinya menyadari menjadi seorang pendamping penderita kanker merupakan pekerjaan yang sangat berat, dan untuk memberikan sengat dan pengertian diharapkan dapat memberi harapan pada penderita kanker di Kepri.

"Saya tahu ini pekerjaan berat. Tetapi harapan kami bapak ibu para pendamping mempunyai semangat tinggi dalam melaksanakan pendampingan," ucap Noor Lizah Nurdin, dalam memperingati Hari kanker Sedunia yang mengambil tema 'I Am and I Will' di Aula Kantor Gubernur Dompak, Minggu (10/2/2019) kemarin.

Noor Lizah juga mengatakan, tema tersebut bermakna untuk mengajak semua pihak mengambil peran masing-masing untuk mengurangi beban akibat penyakit kanker.

Pada acara yang ditaja dengan istilah 'Achievement Motivation Training' bagi Kelompok Dukungan Survivor Tahun 2019 itu, juga menghadirkan artis Ria Irawan yang bertujuan agar dapat meningkatkan motivasi bagi penderita kanker (survivor) di wilayah Kepri.

Hasil data terakhir penderita kangker di Kepri, jelas Noor Lizah, dari screning IVA dan Sadanis tahun 2017 terdapat 10.641 wanit usia 30-50 tahun ditemukan IVA Positif (Lesi Prakanker) sebanyak 74 orang dan tumor payudara sebanyak 67 orang.

"Tahun 2018, berjumlah 6.322 orang dengan penderit IVA Positif 55 orang dan tumor payudara 47 orang. Data rekapan tahun 2017 dari beberapa Rumah Sakit di Kepri, ditemukan kasus kunjungan kanker di Poli Onkologi sebanyak 3.787 orang. Dan tahun 2018 angka kunjungan Poli Onkologi 2.052 orang dan yang melakukan operasi kanker sebanyak 167 orang," jelasnya.

Kasus penyakit kanker terbanyak yang dialami adalah kanker servix dan kanker payudara pada perempuan dan kanker paru pada laki-laki.

Sejauh ini YKI juga melakukan pencegahan dengan deteksi dini kanker, disertai pola hidup bersih dan sehat. WHO memprediksi, Kanker akan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia pada akhir abad ini setelah meneliti 185 negara dengan melihat lebih dari 36 penyakit kanker.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit