logo batamtoday
Jum'at, 22 Maret 2019
Banner PKP


Mahasiswa UNIKOM Ciptakan Aplikasi Sellution untuk UMKM
Rabu, 06-02-2019 | 08:16 WIB | Penulis: Redaksi
 
Menkominfo Rudiantara bersama mahasiswa UNIKOM. (Kominfo)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Prestasi anak bangsa di kancah internasional semakin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki ekosistem yang berkualitas.

Di hadapan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, tiga mahasiswa dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM Bandung) mempresentasikan aplikasi bernama Sellution. Aplikasi tersebut berguna bagi UMKM dalam membuat teks promosi atau konten marketing di media sosial.

Hasil karya mereka Muhammad Naufal, Monica Adela dan Satria Adi Putra, mendapat dukungan penuh Menteri Kominfo. Karya mereka, tiga mahasiswa ini akan mengikuti Imagine Cup Asia Regional Final 2019 di Sydney pada tanggal 9-14 Februari 2019.

"Selamat dan sukses untuk teman-teman dari UNIKOM Bandung yang akan ikut Imagine Cup di Sydney, mereka terpilih sebagai satu-satunya dari ribuan aplikasi yang direview langsung oleh Microsoft Indonesia hingga mewakili negara kita mengikuti Imagine Cup," ucap Menteri Rudiantara di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (04/02/2019) seperti dikutip situs resmi Kominfo.

Menteri Rudiantara berharap prestasi dan karya anak bangsa harus terus ditingkatkan hingga ke kancah internasional. Sebab, Kementerian Kominfo juga menyiapkan program Digital Talent Scholarship yang akan meningkatkan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas di bidang teknologi, oleh sebab itu, Menteri Rudiantara mengatakan pemerintah selalu mendukung karya anak bangsa.

"Indonesia sudah memiliki ribuan startup dan empat unicorn, Saya berharap lebih banyak lagi anak bangsa yang meningkatkan prestasinya, dan semoga teman-teman dari Sellution dapat juara lagi, harapan saya mereka harus juara lagi sampai ke tingkat dunia," kata Menteri Rudiantara saat menerima rombongan tersebut yang ditemani President Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee.

Tim dari CodeSell ini telah beberapa kali mengikuti lomba internasional, seperti diantaranya, APICTA 2018 Merit Awards kategori Tertiary Student Project Asia Pasific ICT Alliance Awards, Best Innovation di Innoserve 2018 dan Bronze Medal kategori Startup – Asean ICT Awards pada AICTA 2018.

Mentor tim CodeSell Adam Mukharil Bachtiar mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi big data dan mesin burning, aplikasi Sellution dapat membantu para UMKM agar dengan mudah menjalankan teks promosi kepada pelanggannya.

"Secara garis besarnya, kita menciptakan sebuah produk yang bisa digunakan oleh para UMKM di Indonesia untuk membuat teks promosi atau konten marketing agar lebih bagus dan mudah, kita juga bisa membantu para UMKM untuk mengantarkan teks promosi yang mereka buat ke orang yang tepat dan menjadi proses pembelajaran bagi pelaku UMKM," kata Adam.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit