logo batamtoday
Sabtu, 20 April 2024
JNE EXPRESS


Susul KEK Galang Batang, Pemerintah Bakal Resmikan Tiga KEK pada Semester Pertama 2019
Minggu, 09-12-2018 | 13:35 WIB | Penulis: Redaksi
 
Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Wahyu Utomo, mengatakan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terus menjadi prioritas pemerintah.

Setelah sukses meresmikan KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, pemerintah setidaknya akan meresmikan tiga KEK pada semester pertama 2019. Ketiga KEK tersebut, yakni KEK Bitung, Morotai dan Arun Lhokseumawe.

Setelah itu, dua KEK yang juga berpotensi diresmikan adalah Sorong dan Tanjung Kelayang. Tidak lama kemudian, KEK Tanjung Api Api dan Maloy Batuta Kalimantan diprediksi Wahyu akan menyusul diresmikan, meski bukan pada 2019. "Kami lakukan secara bertahap," kata dia, Minggu (9/12/2018).

Wahyu menjelaskan, tantangan terbesar yang dihadapi dalam peresmian KEK adalah masalah kesiapan tanah dan badan usaha pengelola untuk membangun kawasannya. Guna mengatasinya, pemerintah pusat terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait, termasuk komunitas masyarakat setempat.

Kesiapan sumber daya manusia juga disebut Wahyu sebagai tantangan besar. Untuk itu, pemerintah melakukan training bersama perusahaan swasta guna memaksimalkan kualitas tenaga kerja. "Dari segi infrastruktur di luar kawasan, pemerintah juga telah menyiapkannya," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang di Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi pembangunan dan investasinya hingga kuartal ketiga 2018 mencapai Rp 5,6 triliun.

Sumber: Republika.co.id
Editor: Surya

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit