logo batamtoday
Rabu, 19 Desember 2018


Kemensos Bisa Maklum Meski Angka HIV AID Cukup Tinggi di Batam
Rabu, 14-11-2018 | 18:29 WIB | Penulis: CR-2
 
Direktur Rehabilitasi Sosial Kemensos, Sonny W Manalu saat berkunjung ke Batam. (Foto: Putra)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan mengungkap bahwa Kota Batam masuk ke dalam daftar 10 kota dengan angka HIV AIDS tertinggi di Indonesia.

Data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam bersumber dari Kementrian Kesehatan, menyebutkan Batam menjadi kota dengan angka HIV AIDS nomor 10 dari lebih 514 kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Sementara itu, untuk tingkat provinsi, Kepulauan Riau (Kepri) berada di urutan 7 dari seluruh provinsi di Indonesia. Kondisi ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya di mana Provinsi Kepulauan Riau sebelumnya berada di luar peringkat 10 besar.

Direktur Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) Sonny W Manalu dalam kunjungan kerjanya ke Batam mengatakan, kondisi ini karena Batam merupakan kota wisata, dagang dan persinggahan sehingga gerak manusia menuju dan meninggalkan Batam cukup besar.

"Batam ini pusat hiburannya cukup tinggi, sehinga masuk 10 besar rawan HIV AIDS itu bisa dimaklumi," kata Sonny W Manalu ketika ditemui di Hotel Harmoni One Batam, Rabu (14/11/2018).

Bersama kota rawan lainnya, Pemerintah Kota Batam dinilai memiliki peranan penting untuk memastikan persoalan HIV AIDS yang mengancam ini bisa tertangani dengan benar. "Sosialisasi terhadap kelompok-kelompok beresiko seperti pekerja sex, mereka yang ada di dunia hiburan malam, dan pekerja di sektor pariwisata harus terus menerus secara rutin dijalankan," ujarnya.

Selain itu, hadirnya aturan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) terkait HIV AIDS juga dinilai penting karena Perda akan mengikat dan memperlihatkan komitmen pemerintah terhadap penanganan kasus ini.

"Saya kira Perda adalah salah satu yang dibutuhkan, agar tidak main-main Pemkot-nya, kalau tidak sesuai maka LSM, DPRD, dan masyarakat bisa menggugat," tutupnya.

Editor: Gokli

batamtoday13th
 
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit