logo batamtoday
Jum'at, 16 November 2018
Banner PKP


Pemprov Gagal Lobi Pusat, Pembangunan Dua Pelabuhan di Dompak Terhenti
Sabtu, 13-01-2018 | 14:50 WIB | Penulis: Ismail
 
Pelabuhan Dompak Tanjungpinang. (Foto: Ismail)  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi III DPRD Kepri menilai Pemprov Kepri terkesan lamban melobi pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2018.

Hal tersebut terlihat dari tidak adanya anggaran lanjutan penyelesaian pembangunan pelabuhan penumpang di Dompak dan pelabuhan peti kemas Tanjung Moco, Dompak, Tanjungpinang, dalam proyek strategis APBN 2018.

"Saya kira ini kelalaian dan kurang lihainya Pemprov Kepri dalam menjolok atau mendapatkan bantuan anggaran pembangunan yang bersumber dari APBN atau dari pemerintah pusat," kata anggota Komisi III, Irwansyah, di Tanjungpinang, Sabtu (13/1/2018).

Ia mengungkapkan, seharusnya Gubernur mengintruksikan Dinas Perhubungan untuk mengawal anggaran lanjutan pembangunan kedua pelabuhan di Dompak tersebut.

"Pada rapat terakhir antara DPRD Kepri dan Dirjen Perhubungan pada bulan Juni atau Juli 2017 lalu. Dirjen sudah menyepakati akan menganggarkan untuk penyelesaian pelabuhan Dompak tersebut tahun 2018 ini," ungkapnya.

Politisi Partai PPP ini juga menyayangkan tidak dilanjutkan pembangunan kedua pelabuhan tersebut pada tahun ini. Sebab, jika keduanya diselesaikan pada tahun ini, pelabuhan itu sudah bisa dioperasikan serta dimanfaatkan masyarakat.

Oleh karena itu, Irwansyah meminta agar gubernur menekankan kepada setiap kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Kepri untuk aktif melobi ke pusat sesuai bidangnya. Sehingga, pusat juga akan lebih memperhatikan dan akan memberikan bantuan dalam bentuk pembangunan dan program lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Harus seperti itu kepala OPD itu, jangan menunggu intruksi atau perintah gubernur saja. Jika lelet maka akan tertinggal dengan daerah lainnya yang sangat agresif dalam mendapatkan anggaram pusat," katanya.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit