logo batamtoday
Senin, 11 Desember 2017
Cluster-Botania-Garden


Peringatan Sumpah Pemuda, Pramuka Kwarcab Anambas Kibarkan Bendera di 5 Pulau Terluar
Rabu, 04-10-2017 | 12:14 WIB | Penulis: Alfreddy Silalahi
 
Pulau terluar di Kabupaten Anambas. (Foto: Alfreddy)  

BATAMTODAY.COM, Anambas - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, Sabtu, 28 Oktober 2017, Pramuka Kwarcab Kabupaten Kepulauan Anambas akan menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di lima pulau terluar Indonesia.

Ketua Pramuka Kwarcab Anambas, Wan Zuhendra, mengatakan, pengibaran bendera dilakukan di Pulau Tokong Damar, Tokong Nanas, Tokong Malang Biru, Tokong Berlayar dan Pulau Mangkai. Pengibaran bendera di pulau terluar ini merupakan wujud nyata menjaga keutuhan NKRI di wilayah perbatasan.

"Daerah kita memang terdiri dari pulau-pulau, tetapi ada pulau-pulau terluar yang berpotensi konflik yang berbatasan dengan Malaysia dan Vietnam. Pulau itu adalah pulau terluar dan terdepan," ujar Wan Zuhendra, Rabu (4/10/2017).

Wan menyinggung, Pengibaran bendera tersebut sembari memperingati Hari Sumpah Pemuda yang akan melibatkan tokoh pemuda Anambas dan TNI/Polri. "Setidaknya ada perwakilan pemuda baik itu LSM maupun organisasi. Untuk TNI/Polri juga akan kita undang," urainya.

Dia menerangkan, persiapan yang sudah dilakukan yakni pembangunan tiang bendera yang permanen dan pembangunan prasasti bendera merah putih dan NKRI.

"Minggu lalu tiang sudah dibangun dan prasasti juga udah dibangun. Saat ini kita sedang meninjau kondisi lapangan menggunakan drone," ujarnya mengakhiri.

Sementara, Daspormar Tarempa, Kapten Hadi menceritakan, sebelumnya Malaysia mengklaim ?Pulau Tokong Nanas tersebut berada di wilayahnya.

"Ini yang perlu diantisipasi, jangan sampai ini terulang lagi. Prinsipnya kami mendukung penuh Pengibaran Bendera Merah-Putih di Pulau Terluar dan Terdepan, agar negara tetangga tidak seenaknya saja mengklaim pulau itu miliknya," tegas Hadi.

Editor: Yudha

KULINER-YS

Banner-glory-point
BNN
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit