logo batamtoday
Senin, 21 Agustus 2017
Cluster-Botania-Garden


Puluhan Wartawan Deklarasikan Pembentukan AJI Persiapan Kota Tanjungpinang
Sabtu, 12-08-2017 | 17:26 WIB | Penulis: Charles Sitompul
 
Puluhan wartawan media cetak, on-line dan elektronik di Tanjungpinang, Bintan dan Lingga, membentuk Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Persiapan Kota Tanjungpinang, terpisah dari AJI Batam (Foto: Charles Sitompul)  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Puluhan wartawan media cetak, online dan elektronik di Tanjungpinang, Bintan dan Lingga, membentuk Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Persiapan Kota Tanjungpinang, terpisah dari AJI Batam yang sebelumnya menjadi wadah profesi wartawan di Provinsi Kepri.

Pembentukan AJI Tanjungpinang dilakukan dengan deklarasi oleh puluhan wartawan di Hotel Confort Tanjungpinang, Sabtu(12/8/2017). Deklarasi AJI Tanjungpinang ini dihadiri pengurus AJI Indonesia, Wali Kota Tanjungpinang, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Provinsi Kepri, serta sejumlah tamu undangan lainnya di Hotel Confort Tanjungpinang, Sabtu(12/8/2017).

Ketua panitia deklarasi AJI Persiapan Tanjungpinang, Jailani, mengatakan, pembentukan dan deklarasi AJI Tanjungpinang yang akan terpisah dari AJI Batam, dilakukan sejumlah wartawan di Tanjungpinang sebagai tindak lanjut perjuangan beberapa wartawan yang sebelumnya menjadi anggota yang AJI Batam.

"Deklarasi dan pembentukan AJI Persiapan Tanjungpinang ini, merupakan tindak lanjut dari perjuangan teman-teman wartawan, yang sebelumnya telah menyatakan pembentukan AJI Tanjungpinang melalui petisi yang disampaikan ke pengurus AJI Indonesia beberapa waktu lalu sebagai Ibukota Provinsi Kepri," ujar Jailani.

Dengan anggota yang mencapai 23 wartawan yang tergabung dalam AJI Tanjungpinang, diharapkan dapat disetujui dan ditetapkan pengurus AJI Indonesia pada Kongres AJI di Solo, Jawa Tengah, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Di tempat yang sama, Ketua AJI Batam M. Zuhri mengatakan, pembentukan dan deklarasi AJI Persiapan Tanjungpinang, bukan merupakan upaya pemisahan dan perpecahaan kepengurusan AJI di Kepri. Tetapi justru akan semakin memperkuat dan mendukung AJI Batam dan Tanjungpinang dalam memperjuangkan kebebasan berpendapat, menegakkan disiplik etik serta memperjuangkan kesejahteraan pekerja Pers.



"Hari ini merupakan momentum yang sangat bersejarah, terbentuk dan dideklarasikanya pembentukan organisasi AJI Ibukota Provinsi Kepri. Dengan rentang kendali dan alasan Kota Tanjungpinang sebagai Ibukota Provinsi, menjadi alasan kuat dibentuk dan dideklarasikanya AJI Persiapan Tanjungpinang," ujarnya.

Dengan terbentuknya AJI Tanjungpinang, Zuhri juga mengingatakan, agar setiap wartawan yang tergabung di dalam organisasi AJI, dapat lebih menyatukan visi serta tujuan mengemban tugas dan cita-cita pendiri organisasi AJI Indonesia, untuk memperjuangkan kebebasan berpendapat, keterbukaan informadsi, serta menegakkan disiplin etik wartawan dan memperjuangkan kesejahteraan jurnalis.

Sementara pengurus anggota AJI Indonesia, Laban Abraham Leisila, juga mengatakan bahwa organisasi AJI Persiapan Tanjungpinang, merupakan satu-satunya organisasi baru AJI Indonesia di daerah, yang disetujui dibentuk dari beberapa usulan pembentukan cabang AJI di sejumlah Indonesia.

"Dari sejumlah daerah yang mengusulkan pembentukan AJI di daerah ke pengurus AJI Pusat, baru hanya AJI Persiapan Tanjungpinang yang mendapat pertimbangan, justru beberapa AJI kota dan kabupaten lainnya, kepengurusanya ditinjau akibat roda organisasi dan kepengurusannya dianggap kurang aktif," jelasnya.

Laban juga mengakui, pembentukan AJI Persiapan Tanjungpinang memang telah lama diusulkan dan baru hari ini dapat direspon dan disetujui AJI Indonesia dengan sejumlah pertimbangan.

"Harapan AJI Indonesia, patuh pada Tri Panji AJI dalam memperjuangkan kebebasan berpendaat dan memperjuangkan keterbukaan informasi. Anggota AJI Persipan Tanjungpinang juga harus mampu menegakkan etika serta memperjuangkan kesejahteraan Pers," ujarnya.

Dengan deklarasi dan pernyataan pembentukan organisasi AJI Persiapan Tanjungpinang ini, akan ditindak-lanjuti dengan penetapan keberadaan AJI Tanjungpinang oleh pengurus AJI Indonesia, pada Kongres AJI Indonesia yang akan dilaksanakan pada November 2017 mendatang," tegasnya.

Sebelum melakukan deklarasi pembentukan AJI Kota Tanjungpinang, anggota dan pengurus AJI Batam juga menggelar diskusi ngobrol bareng AAJI "Ngopi" yang mengambil tema "Sinergitas Pembangunan Provinsi Kepri dan peran Pers dalam era digitalisasi, yang diikuti Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, serta Kepala Dinas Kominfo Kepri Guntur Sakti, serta wartawan dan anggota senior AJI Robby Patria.

Editor: Udin

Banner-glory-point
BNN
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit