logo batamtoday
Rabu, 27 Januari 2021
Pasang Iklan


Nuraini, Guru SD di Lingga Raih Juara I Nasional Webinar HGN Tahun 2020
Sabtu, 09-01-2021 | 10:46 WIB | Penulis: Wandy
 
Nuraini, Guru SDN 005 Singkep Pesisir peraih Juara I Nasional Webinar HGN Tahun 2020. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Lingga - Nuraini seorang guru sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lingga berhasil meraih juara 1 nasional pada Webinar Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020, yang digelar 23-26 November 2020 lalu.

Webinar tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan Forum Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Kabupaten Balangan (FPKGMB), yang dilakukan secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam mengatakan, Nuraini yang merupakan guru SDN 005 Singkep Pesisir itu berhasil menjadi juara setelah mengikuti webinar FPKGMB via Zoom Meeting.

"Nuraini bersama 776 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu mendapatkan bimbingan dalam membuat laporan karya inovatif, dengan 4 orang pemateri," kata Junaidi Adjam, Jumat (8/1/2021).

Kemudian bagi peserta yang ingin mendapatkan sertifikat pola 32 jam, maka peserta wajib mengumpulkan tugas setelah melalui bimbingan dari para pemateri dan panitia. Sekitar lebih kurang 200 peserta mengumpulkan tugas tersebut.

"Dari lebih kurang 200 peserta yang mengirim laporan, dinilai oleh panitia menjadi 40 peserta dan dibuatkan lomba sempena dengan Dirgahayu Hari Amal Bakti Kementrian Agama RI Ke 75 dengan 8 kategori," jelasnya

Adapun 8 kategori tersebut yakni, Kategori Alat Pelajaran (Laporan Karya Inovatif dan Video Terbaik), Kategori Pembuatan Video Alat Pembelajaran, Kategori Alat Peraga (Laporan Karya Inovatif dan Video Terbaik), serta Kategori Video Pembelajaran Kreatif.

Kemudian Kategori Laporan Karya Inovatif Alat Pelajaran, Kategori Laporan Karya Inovatif Alat Peraga Pelajaran, Kategori Laporan Karya Inovatif (Teknologi Tetap Guna), serta Kategori Laporan Karya Inovatif berupa karya seni.

"Kita bersyukur dan bangga bahwa guru di Lingga punya dedikasi dan kreativitas untuk berprestasi, malah ke tingkat Nasional," ujar Junaidi.

Namun, dari tiap kategori, diadakan lagi penjurian pada tanggal 28 dan 29 Desember 2020 melalui Zoom Meeting. Peserta wajib membuat PPT tentang laporannya masing-masing untuk dipersentasikan dan ada sesi tanya jawab.

Kemudian dari 5 peserta finalis di rangking menjadi juara sesuai penilaian dewan juri, yang diumumkan pada tanggal 4 Januari 2020. Pada pengumuman tersebut, Nuraini yang merupakan guru SD di Kabupaten Lingga berhasil meraih rangking pertama.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit