logo batamtoday
Kamis, 03 Desember 2020
15th Anniversary


KPU Karimun Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Sirekap
Sabtu, 21-11-2020 | 15:20 WIB | Penulis: Freddy
 
Simulasi pemungutan suara menggunakan sistem Sirekap di Karimun, Sabtu (21/11/2020). (Foto: Freddy)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara dan penggunaan Sirekap di Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Sabtu (21/11/2020.

Simulasi ini berlangsung dengan tetap memerapkan protokol kesehatan yang ketat, demi pencegahan penuluran Covid-19.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, antusiasme masyarakat cukupa baik dalam mengikuti simulasi ini. "Saya lihat warga yang datang ke TPS 6 cukup ramai," ujar Eko Purwandoko, Sabtu (21/11/2020).

Eko Purwandoko menjelaskan, kendati yang dilaksanakan saat ini hanya berupa simulasi tetapi ini simulasi pemungutan dan perhitungan suara dan penggunaan Sirekap yang memang riil akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

"Saya harapkan warga masyarakat yang sudah punya hak pilih jangan ragu untuk datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, karena KPU Kabupaten Karimun sudah menerapkan protokol kesehatan baik kepada warga yang akan memberikan hak suaranya maupun petugas penyelenggara itu sendiri wajib patuhi protokol kesehatan," kata Eko Purwandoko.

Karena Pilkada serentak 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, Eko Purwandoko mengatakan, KPU sangat memprioritaskan protokol kesehatan dengan sebaik mungkin. "Mudah-mudahan 9 Desember 2020 ini tidak ada terjadi apapun baik untuk warga masyarakat maupun penyelenggara," kata dia.

Untuk itu, Eko Purwandoko mengingatkan, sebelum masuk ke ruang TPS, maka terlebih dahulu mencuci tangan, suhu tubuh diukur dengan termo gun dan sarung tangan, sedangkan pemilih harus memakai masker, apabila pemilih tidak memakai masker maka petugas TPS akan memberikan masker kepada pemilih.

Terpisah Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol laut (P) Maswedi yang hadir bersama Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan AS sempat mengingatkan KPU Kabupaten Karimun untuk menyiapkan bilik khusus di TPS, karena dikhawatirkan ada pemilih yang kondisinya kurang sehat atau memiliki suhu badan di atas 37,3 derajat Celcius.

Sementara Pjs Bupati Karimun, Herry Andrianto mengatakan, meskipun Pilkada serentak 2020 dilakukan pada kondisi pandemi Covid-19, tetapi dirinya merasa optimis antusias pemilih untuk hadir di TPS-TPS yang tersebar di 555 TPS se-Kabupaten Karimun.

"Saya merasa optimis partisipasi pemilih bisa mencapai angka 77,5 persen seperti apa yang ditargetkan," kata Herry Andrianto.

Menurut Herry Andrianto, Pemerintah Daerah juga berkoordinasi dengan Camat dan Lurah dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat datang ke TPS dan meyakinkan masyarakat agar tidak ragu datang memberikan hak suaranya di TPS.

Samsir, Komisioner KPU Kabupaten Karimun mengatakan, acara ini adalah acara nasional dan Karimun dipercayai untuk melaksanakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara dan penggunaan sirekap.

Kata Samsir, lakukan simulasi dengan sebaik-baiknya, simulasi ini adalah sekaligus mengoreksi dan mengevaluasi sebelum masuk tahapan pencoblosan pemungutan dan perhitungan suara dan penggunaan sirekap  dengan menerapkan protokol kesehatan di simulasi.

Simulasi pemungutan dan perhitungan suara dan penggunaan sirekap dengan menerapkan protokol kesehatan di Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari berjalan lancar dan diikuti 436 pemilih yang merupakan warga Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing dan dihadiri Pjs Bupati Karimun, Herry Andrianto, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan AS, Danlanal Karimun , Letkol laut ( P) Maswedi , Ketua Bawaslu Karimun, Nurhidayat dan Camat dan Lurah se-Kabupaten Karimun.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit