logo batamtoday
Selasa, 11 Agustus 2020
Pasang Iklan


Gugus Tugas Covid-19 Minta Pemda Perhatikan Kenaikan Kawasan Zona Merah
Selasa, 28-07-2020 | 08:36 WIB | Penulis: Redaksi
 
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah memperhatikan kenaikan jumlah kabupaten dan kota yang menjadi zona merah. Satgas temukan kenaikan persentase zona merah.

"Perkembangan zonasi risiko per kabupaten dan kota terlihat kenaikan persentase jumlah kabupaten kota yang berisiko tinggi. Yaitu zona merah dari Minggu lalu ada 6,81 persen menjadi 10,31 persen dan zona oranye atau zona sedang menjadi 35,99 persen dari 32,88 persen pada minggu lalu," kata dia di Kantor Presiden di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Kemarin, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia tembus 100.303 kasus. Terdapat penambahan kasus sebanyak 1.525 kasus per 27 Juli 2020.

Selain itu, tercatat telah ada 58.173 orang pasien yang sembuh, sedangkan yang masih dalam perawatan 37.292 orang dan meninggal dunia adalah 4.838 orang.

"Kalau kita lihat jumlah kabupaten zona merah dari 35 menjadi 53, sedangkan jumlah kabupaten/kota zona oranye dari 169 menjadi 185 kabupaten/kota, ini bukan kabar yang menggembirakan perlu jadi perhatian kita bersama," katanya.

Ia menyebut 14 kabupaten dan kota menjadi zona merah tanpa perubahan tiga minggu berturut-turut. "Kami mohon masyarakat bersama pemerintah daerah lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan agar kondisi membaik," kata dia.

Sebanyak 14 kabupaten/kota itu, DKI Jakarta di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Timur di Gresik dan Surabaya, Kalimantan Selatan di Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, Tabalong, Tanah Laut, Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram, Papua di Kota Jayapura, dan Sumatera Utara di Kota Medan dan Deliserdang.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, ada 53 kabupaten/kota dengan zona merah. Provinsi yang mempunya satu kota zona merah, yaitu Sumatra Selatan (Kota Palembang), Sulawesi Tenggara (Buton), Papua (Kota Jayapura), Sulawesi Selatan (Kota Palopo), Kalimantan Timur (Kota Balikpapan), dan Bali (Kota Denpasar).

"Kami mohon agar kota-kota tersebut bisa betul ditingkatkan praktik protokol kesehatan di masyarakat agar bersih dari zona merah, contohnya Sulawesi Selatan, Kota Makassar sudah oranye jadi tinggal Kota Palopo saja yang zona merah," katanya.

Provinsi lain, Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Gorontalo, DKI Jakarta memiliki zona merah cukup banyak. "Dan ini menjadi pekerjaan berat agar zonanya dipulihkan jadi lebih baik kerja sama bahu-membahu dengan masyarakat disiplin protokol kesehatan," kata Wiku.

Zona merah di Sumatra Utara, yaitu Kota Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Karo, dan Kota Medan, Provinsi Sulawesi Utara, yaitu Kota Tomohon, Kota Manado, dan Kota Bitung, Provinsi Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram dan Sumbawa.

Selain itu, Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Kota Banjarmasin. Provinsi Jawa Timur, di Jombang, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Sidoarjo. Provinsi Jawa Tengah di Kota Surakarta, Kota Semarang, Kudus, Grobogan, Kendal, Rembang, Demak, Jepara.

Di Provinsi Gorontalo di Kota Gorontalo, Bone Bolango, dan Boalemo. Sedangkan DKI Jakarta mempunyai zona merah di lima kota madya, yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Hingga Senin, kasus positif Covid-19 sudah menyebar di seluruh 34 provinsi di Indonesia dengan daerah terbanyak positif, yaitu Jawa Timur (20.539), DKI Jakarta (19.125), Sulawesi Selatan (8.881), Jawa Tengah (8.412), Jawa Barat (6.039), Kalimantan Selatan (5.656), Sumatera Utara (3.390), Sumatra Selatan (3.251), Bali (3.157), Papua (2.889), Sulawesi Utara (2.263), Nusa Tenggara Barat (1.903), Banten (1.738), Kalimantan Tengah (1.632).

Editor: Surya

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit