logo batamtoday
Selasa, 23 Juli 2019
Banner-PKP


Tabrak Karang, KM Cahaya Samudra Tenggelam di Perairan Kelarik Natuna
Kamis, 11-07-2019 | 19:28 WIB | Penulis: Kalit
 
KM Cahaya Samudra yang tenggelam di Perairan Kelarik Natuna. (Foto: Kalit)  

BATAMTODAY.COM, Natuna - KM Cahaya Samudra bertonase 23 Groston (GT), armada pengangkut bahan bakar minyak (BBM) solar dari Pertamina Selat Lampa menuju Kecamatan Pulau Laut menabrak karang dan tenggelam di Perairan Kelarik dengan Kordinat 03.54.822 U - 107.59.128. T pada Sabtu (11/7/2019) sekira pukul 08.15 WIB.

Berdasarkan laporan dari warga Sedanau (Kecamatan Bunguran Barat) bernama Thomas (29) kepada pihak Pos AL, meminta bantuan untuk menyelamatkan kapal yang tenggelam setelah menabrak karang.

Danlanal Ranai Kolonel Harry Setyawan menyampaikan, dengan cepat personil dari Pos AL Sedanau langsung menuju lokasi tenggelam dengan menggunakan perahu karet bermesin 40 PK dan menyelamatkan tiga awak Kapal.

"Saat di lokasi kapal sudah tenggelam. Personil langsung menyelamatkan orangnya dan membawa ke Sedanau untuk diberi pertolongan lebih lanjut," ujar Harry kepada BATAMTODAY.COM.

Danlanal menjelaskan, tenggelamnya kapal tersebut diduga akibat kelalaian nahkoda kapal sehingga menabrak karang. Mengakibatkan kapal bocor hingga tenggelam dan menyebabkan BBM solar di drum berserakan di laut.

"Minyak hanya bisa diselamatkan 10 ton dari 20 ton yang dibawa. Sisanya hanyut di laut," ucapnya.

Danlanal mengharapkan peran dari Pemda Natuna untuk memfasilitasi kapal pengangkut BBM dari bahan besi dan menekankan kepada para nakhoda pompong atau perahu agar lebih waspada dalam bernavigasi. nahkoda harus ikuti alur dan jalur yg telah ditentukan,karena tidak semua wilayah laut di natuna sudah di update peta lautnya.

"Untuk pengangkut BBM Minimal kapal terbuat dari besi dan memiliki alat pemadam kebakaran serta alat mengatasi kebocoran kapal," ujarnya.

Lanjut Danlanal, Pihaknya telah melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal dan telah berkordinasi dengan pihak Syahbandar Natuna atas peristiwa kapal kayu KM. Cahaya Samudra tenggelam.

Berdasarkan dokumen kapal, muatan kapal mengangkut 20 ton BBM Solar PT.PLN Pulau laut, sedangkan pemilik kapal bernama Houzu (58 th) warga Sedanau dengan nahkoda bernama Fredi Didampingi dua juru mesin bernama Bilal dan Halim.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit