logo batamtoday
Senin, 17 Juni 2019
Banner-PKP


KKP Kelas I Batam Lakukan Pemeriksaan Malaria Gratis di Pelabuhan Punggur
Senin, 10-06-2019 | 19:40 WIB | Penulis: Putra Gema Pamungkas
 
KKP Kelas I Batam Melakukan Pemeriksaan Malaria Gratis di Pelabuhan Telaga Punggur. (Foto: Putra)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Kelas I Batam mengadakan pemeriksaan kesehatan malaria gratis di Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam.

Pemeriksaan gratis oleh KKP Pelabuhan Telaga Punggur ini sudah berjalan selama 10 hari sejak, Sabtu (1/6/2019) dan akan berlangsung hingga, Jumat (14/6/2019). Pemeriksaan gratis ini pun berjalan beriringan dengan program Kepulauan Riau Bebas Malaria 2020.

Perawat KKP Kelas I Kota Batam, Nurhaini mengatakan, pemeriksaan gratis ini difokuskan untuk pemudik yang mendatangi Kota Batam dari Kabupaten Lingga.

"Sudah atensi kami untuk melakukan pemeriksaan gratis untuk pemudik yang datang dari Dabo Singkep, Lingga. Hal ini karena masih tingginya angka malaria di kawasan itu (Dabo Singkep)," kata Nurhaini di Pelabuhan Telaga Punggur, Senin (10/6/2019).

Nurhaini mengatakan, hingga saat ini, sudah lebih dari 100 penumpang yang berasal dari Dabo Singkep diperiksa secara gratis.

"Dari total keseluruhan, kami mendapati satu penumpang positif malaria dan kami langsung menghubungi yang bersangkutan untuk melakukan rujukan ke Rumah Sakit yang ada di Kota Batam," ujarnya.

Tidak bisa langsung diketahuinya apakah penumpang tersebut mengidap penyakit malaria atau tidak terjangkit karena pihak KKP harus melewati beberapa tahapan yang membuat proses cek kesehatan berlangsung sedikit lama.

"Jadi kami pakai alat yang namanya CareStart Malaria, nantinya kami hanya meminta sample darah penumpang untuk diperiksa. Ketika positif terjangkit malaria, maka yang bersangkutan langsung kami telepon," lanjutnya.

Dirinya mengungkapkan, pemeriksaan gratis ini juga ditujukan untuk pemudik yang berasal dari Natuna, hal ini karena kawasan Dabo Singkep dan Natuna masih tinggi untuk angka malaria.

"Kalau yang dari Natuna pemeriksaannya berada di Bandara Internasional Hang Nadim Batam," ujarnya.

Sampai dengan saat ini, KKP Kelas I Kota Batam membuka tiga stan pemeriksaan gratis yang berlokasi di pelabuhan Telaga Punggur, pelabuhan Sekupang dan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit