logo batamtoday
Senin, 22 April 2019
Banner PKP


Pekerja Merupakan Pembela Kebangsaan
Selasa, 16-04-2019 | 16:52 WIB | Penulis: Redaksi
 
Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. (Foto: Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPD RI/MPR RI dapil Provinsi Kepulauan Riau, Djasarmen Purba SH, kembali menggelar kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan Dewan Pengurus dan Anggota Yayasan Genggam Padi Raya Kota Batam, Senin (1/4/2019), di Meeting Room PT Volex Indonesia, Kecamatan Sekupang.

Dalam kesempatan ini Djasarmen Purba menyoroti peranan kelompok dan komunitas pekerja industri di Batam, khususnya dalam rangka memperjuangkan, menjaga dan memperkokoh keadilan sosial dalam kehiduapan berbangsa dan bernegara.

"Mengingat komunitas utama peserta adalah pekerja, maka Empat Pilar NKRI menegaskan hak-hak pekerja. Dasar negara adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kita semua punya hak keadilan sosial. Tidak ada kelas di kehidupan sosial. Tidak ada kasta pengusaha dan kasta pekerja. Hubungan pengusaha dan pekerja adalah hubungan setara atas prinsip keadilan," ujar Djasarmen

Namun sayangnya, menurut Djasarmen, bahwa negara dan pengusaha belum sepenuhnya memenuhi hak pekerja yang diamanatkan UUD dan UU.

Djasarmen Purba sangat menyoroti praktek-praktek dan masalah outsourcing dan keberadaan tenaga kerja asing. Khususnya perihal outsourcing, ternyata justru masih banyak BUMN yang tidak menjalankan hasil kesepakatan dengan pemerintah alias melanggar serta berada di balik praktek-praktek outsourcing itu sendiri.

Dalam hal itu tenaga kerja asing, hal ini menyangkut ketidakadilan terhadap warganegara Indonesia. Karena faktanya, kehadiran tenaga kerja asing, yang tidak memiliki kemampuan khusus (unskill workers), jelas-jelas sangat menyalahi regulasi yang ada. Karena menurut konstitusi, makahanya tenaga kerja asing yang disyaratkan adalah berkemampuan profesional.

"Di sinilah pentingnya pekerja ikut partisipasi politik. Karena itu, serikat pekerja punya kewajiban untuk penyadaran politik dengan memahami Empat Pilar," pungkasnya.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit