logo batamtoday
Selasa, 18 Juni 2019
Banner-PKP


Ratusan Warga Tanjungpinang Ikuti Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Pemilu 2019
Selasa, 02-04-2019 | 11:52 WIB | Penulis: Roland Aritonang
 
Kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 di Tanjungpinang. (Foto: Roland).  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 300 orang warga mengikuti sosialisasi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pelaksanaan pilpres dan pileg tahun 2019 di Kantor Camat Bukit Bestari, Tanjungpinang, Selasa (2/4/3/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Penmas Tanjungpinang, bersama narasumber dari Polres Tanjungpinang, KPU Tanjungpinang, dan Bawaslu Tanjungpinang.

Kabid Politik dan Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol Tanjungpinang, Surani mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar terciptanya Pemilu 2019 secara langsung jujur, rahasia dan adil.

"Ini kelanjutan kegiatan yang sebelumnya, untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pemilih pemula," singkat Surani dalam kata sambutannya.

Di tempat yang sama, Camat Bukit Bestari, Faisal Pahlevi menjelaskan, pesta demokrasi atau pemilu 2019 tidak lama lagi akan berlangsung. Itu menandakan banyak sekali persiapan-persiapan yang harus dilaksanakan.

"Bapak-ibulah yang akan menjadi ujung tombak memberikan pemahaman kepada masyarakat," ucapnya.

Ia menjelaskan, banyak sekali permasalahan-pemasalahan seperti di kecamatan Bukit Bestari, terdapat 5 kelurahan dan wilayah sangat luas. Tentunya dengan wilayah yang luas tidak hanya dari kecamatan dan kelurahan saja yang ambil andil.

"Seluruh masyarakat bisa jadi panutan dan masalah sekecil apapun di lingkungan dapat diselesaikan dengan baik," katanya.

Pada hari ini yang mengikuti kegiatan sebanyak 300 orang terdiri dari 150 orang warga Bukit Bestari dan 150 orang warga Kecamatan Tanjungpinang Barat. Ia menghimbau pemilu 2019 sudah semakin dekat, masih ada waktu untuk memberikan sosialisai kepada masyarakat dan peran serta RT RW dapat membantu pihaknya menyukseskan pemilu tahun ini.

"Seluruh bapak ibu bisa menjadi pemilih yang cerdas, ayo gunakan hak pilih kita," tutupnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi menyebutkan, dengan pelaksanaan kegiatan ini kepolisian merasa terbantu. Selain itu, pihaknya bisa bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat, serta penyelenggara pemilu.

"Ini sangat bermanfaat bagi kami untuk melaksanaka tugas-tugas pokok kepolisian," katanya.

Berangkat tentang pemilu, Polri di dalam melaksanakan tugas pokok menyadari tidak bisa melaksanaka tugas sendiri. Untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai dan sejuk, membutuhkan kerjasama khususnya dengan masyarakat sebagai pemilih dan dengan penyelenggara, yaitu KPU dan Bawaslu Tanjungpinang.

"Kami juga berkerjasama sama satuan TNI dan dengan berbagai tugas pengamanan mulai dari proses pendaftaran, tahapan kampanye, masa tenang, perhitungan suara dan sampai nanti pada saat pelantikan," paparnya.

Dengan demikian, kepolisian berkeyakinan pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman dan masyarakat antusias untuk memilih. Ini tidak lepas dari peran masyarakat untuk mewujudkan Polri yang modern dan terpecaya.

"Pola strategi pengamanan kami dituntut untuk mampu kerjasama dengan masyarakat dan ormas, pemerintah, lembaga vertikal serta dari perangkat yang lain," tutupnya.

Editor: Chandra

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit