logo batamtoday
Sabtu, 20 April 2019
Banner PKP


Panjang Kabel FO Telkom di Batam Bisa Kelilingi Bumi Satu Kali
Sabtu, 09-02-2019 | 11:28 WIB | Penulis: Redaksi
 
Suherman, Kakanndatel Tanjungpinang (dua dari kanan) saat rapat bersama Kadis Kominfo Kepri, Zulhendri.( Foto: Novyana)  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Langkah Telkom Indonesia untuk menyediakan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat Kepri sungguh luar biasa. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batam saja, PT Telkom Indonesia menyediakan kabel fiber optic (FO) yang panjangnya dapat mengelilingi bumi satu kali.

"Kalau panjang kabel FO di Kepri ini kita belum pernah hitung. Tetapi untuk Batam saja ring-nya itu kalau kemaren berbincang dengan GM, untuk Batam saja bisa satu kali keliling dunia, saking panjang," ujar Suherman, Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Tanjungpinang, Kamis (7/2/2019) seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Jumlah tersebut belum termasuk kabel yang tersambung di lima kabupaten lainnya dan Kota Tanjungpinang. Saat ini kebutuhan masyarakat Kepri akan jaringan telekomunikasi, utamanya internet terus meningkat.

Telkom berusaha memenuhi semua kebutuhan, walaupun terpaksa mengesampingkan aspek bisnis. "Jadi memang brand Merah Putih (BUMN) kita, tidak hanya berpikir bisnis saja tetapi berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti ada beberapa lokasi, mau diapa-apain secara bisnis juga tidak masuk. Kalau kita bicara berapa yang kita habis, cukup lama kembali. Tetapi karena kita plat merah putih kita tak memikirkan itu," tambah Suherman.

Untuk wilayah Kandatel Tanjungpinang, sudah seluruhnya tersambung dengan FO. Pada 2019 ini rencananya akan menghidupkan kembali Ranai di Natuna. Termasuk beberapa wilayah di Bintan seperti Kawal dan Trikora yang butuh penambahan jaringan.

"Action plan kita selanjutnya, walaupun sudah hampir semua, tetapi akan ada wilayah-wilayah baru yang harus kita penuhi. Untuk Kawal sudah progress, dan Trikora sudah parsial," imbuh Suherman, usai menggelar rapat bersama Kadis Kominfo Kepri, Zulhendri.

Untuk wilayah Kawal dan Trikora, juga bagian dari rencana Telkom untuk mendukung pariwisata di Kepri. Pasalnya pariwisata jaman now, membutuhkan jaringan internet yang mumpuni.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit